Close

" The Character Building University "

Rektor UNIMED Perkuat Implementasi KKNI di FT

Fakultas Teknik melakukan penguatan implementasi kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) kepada puluhan dosennya. Kegiatan tesebut dibuka langsung oleh Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. yang dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik (9/8), dengan mengundang narasumber tunggal Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Turut hadir Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. beserta Wakil Dekan, Dekan FBS, Dekan FMIPA, dan Dekan FIS.

Pada paparannya, Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “Kurikulum di Unimed harus mengikuti dan menyesuaikan perkembangan teknologi di abad 21. Perkuliahan harus dapat mengembangkan ways of thinking, ways of working, tools of working, dan living in the world. Mata kuliah yang tidak lagi relevan dengan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat, sebaiknya tidak lagi diajarkan. Harus ada inovasi dalam menyusun mata kuliah. Kemampuan IT dan Bahasa Inggris harus dimiliki oleh dosen-dosen muda di FT, kalau tidak dimulai dari sekarang kita akan tertinggal. Peran dosen dalam mengembangkan prodi sangat menentukan kualitas perkuliahan, implementasi KKNI harusnya bisa disinergikan menjadi produk penelitian yang bisa dikembangkan untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), pengabdian masyarakat, penelitian dosen, jurnal dan penelitian lainnya. Untuk menguatkan implementasi tersebut harus menjadi komitmen dan prioritas kita bersama. Selain itu, Dosen juga harus dapat meningkatkan kompetensi meliputi Foundational Literacy, Compentencies dan Character Quality.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan implementasi KKNI. Arahan dan bimbingan Rektor nantinya diharapkan dapat menjadi acuan bersama dalam melaksanakan kurikulum KKNI. Sehingga kita dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan, visi misi bersama. Menjadikan Unimed kampus Unggul di bidang pendidikan, rekayasa Industri dan Budaya. Semoga apa yang disampaikan bisa segera kita aplikasikan kedalam perkuliahan. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW