Close

" The Character Building University "

Ratusan Mahasiswa FT Ikuti Pembekalan Program KKN

Sebanyak 563 mahasiswa FT Unimed ikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang digelar oleh Fakultas Teknik di Lt. IV Digital Library Unimed (17/7). Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa mengikuti KKN yang akan dilaksanakan pada bulan Juli- Agustus 2019.

Pada pembekalan tersebut, hadir Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. beserta wakil dekan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Koordinator Wilayah KKN, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan ratusan mahasiswa KKN.

Dalam sambutannya, Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. mengatakan mahasiswa teknik sangat dibutuhkan dalam program KKN ini. KKN sendiri adalah pengabdian mahasiswa kepada masyarakat berupa perkuliahan yang dilaksanakan secara langsung ditengah masyarakat sebagai penerapan pengetahuan dan skill, kemudian mengembangkan potensi desa melalui pembelajaran Riil di masyarakat, mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan program yang dapat mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, pengembangan optimal potensi yang dimiliki desa, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan KKN juga merupakan mata kuliah wajib berbobot 3 SKS jadi perlu diperhatikan oleh mahasiswa, KKN ini dapat mempengaruhi indek prestasi mahasiswa, jadi laksanakan dengan baik.

Didalam pelaksanaan KKN ini, diharapkan mahasiswa mampu menjaga sikap dan menunjukkan karakter yang baik ditengah masyarakat. Karena mahasiswa dianggap model (panutan) bagi masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu menjadi fasilitator dan menjadi mediator dalam mengembangkan potensi desa dan mengatasi permasalahan yang ada di desa, khususnya pada pengembangan SDM. Oleh karena itu, kegiatan ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam merancang dan membuat program kerja yang disinergikan dengan program yang ada di desa, kemudian melaksanakan program dan membuat laporan sesuai sistematika yang telah ditentukan dan akan dinilai oleh DPL dan Kepala Desa.

Sebagai Ketua LPPM Dr. Kustoro Budiarta, ME mengungkapkan “permasalahan-permasalahan di desa sudah diidentifikasi dan dikoordinasikan sebelumnya oleh DPL dengan Kepala Desa masing-masing. Adapun peran program KKN Mahasiswa Unimed dalam pembangunan desa adalah pemberdayaan masyarakat dan komunitas setempat bagi optimalisasi pembangunan fisik, pengembangan serta pemukhtahiran konten dan desain laman website desa, akselerasi dan efektivitas penggunaan dana desa dan pengembangan PAUD Desa. Program ini nantinya dapat memberi manfaat nyata dan kesan positif kepada masyarakat. Bangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan teman, lingkungan masyarakat dan tokoh yang ada di masyarakat . Dan yang paling penting yang harus diperhatikan oleh mahasiswa akan karakter di masyarakat. Kita harus bisa beradaptasi dan berbaur dengan masyarakat, sehingga dapat diterima dan bisa bekerjasama dalam melaksanakan program KKN.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW