Close

" The Character Building University "

Wakil Rektor III Gencar Sosialisasikan PKM Ke Mahasiswa

22/02/2017

MEDAN (Unimed) – Wakil Rektor III Unimed Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, bersama tim selama satu minggu gencar melaksanakan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kepenulisan proposal PKM, agar tahun tahun 2017 ini. Setiap fakultas wajib mengikuti sosialisasi tersebut dibawah arahan dan bimbingan Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. Bahkan beliau langsung membuka kegiatan dan memberikan bimbingan kepada dosen pembimbing di tiap fakultas dan ratusan mahasiswa yang antusias.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan secara roadshow ke tujuh fakultas yang ada dilingkungan Unimed, mulai tanggal 21/2 ke FBS, 22/2 ke FIS dan FIK, 24/2 ke FMIPA dan FT, serta 27/2 ke FIP dan 28/2 ke FE. Hadir setiap kegiatan sosialisasi dosen pembimbing PKM dan ratusan mahasiswa yang sudah memiliki proposal PKM dan siap diusulkan untuk mengikuti hibah PKM tahun 2017 ini. Kegiatan ini diharapkan mendorong dosen untuk memiliki komitmen dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa, dan mahasiswa didorong untuk serius merencanakan proposal PKM yang bagus.

Sahat Siagian

PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada 2017, Dikti Menerima Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) berupa PKM Artikel  Ilmiah (PKM-AI) & PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Pada paparannya, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. berharap agar mahasiswa dan dosen pembimbing dapat bersinergi dengan baik dalam penulisan karya ilmiah. Menulis adalah sebuah kewajiban sebagai seorang pendidik, mengikuti PKM adalah tantangan bagi kita untuk menunjukkan kualitas sebagai mahasiswa, bukan mengejar beasiswanya namun pengalaman dan prestasi yang menjadi tujuan penting bagi kita. Jika setiap jurusan mengirimkan satu atau dua proposal PKM saja, sudah berapa banyak yang dapat berpeluang masuk di Dikti. Untuk itu kita harapkan partisipasi mahasiswa dan dosen pembimbing untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM.

Lanjut beliau, Tahun 2016 lalu, Unimed berhasil meraih juara 10 besar di acara Pimnas ke-29 di IPB Bogor. Kita harapkan tahun 2017 ini kita dapat menembus 5 besar di Pimnas ke-30 di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar. Amin. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW