Close

" The Character Building University "

Mahasiswa UNIMED Terapkan “PEJABAT” untuk Tingkatkan Kemampuan Psikomotorik dan Kognitif Anak

MEDAN –  Empat orang mahasiswa UNIMED mengembangkan permainan untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik dan kognitif anak TK AL-Hidayah yang diberi nama dengan PEJABAT (Permainan Jump, Attach, Balance and Twist). Keempat mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) yang diketuai oleh Widya Zulfani,  dan beranggotakan Zenni Armadani, Lely Priani, dan Setiati Handayani menerapkan permainan ini mengingat Lokasi sekolah yang kurang luas memberikan keterbatasan dalam penyediaan sarana permainan untuk anak-anak karena Keterbatasan sarana permainan anak dapat mengakibatkan kurangnya ruang gerak bagi anak dalam meningkatkan psikomotorik anak. Selain itu perhatian dan fokus anak dalam belajar juga sangat penting untuk meningkatkan kognitif anak.

Widya selaku ketua tim menjelaskan PEJABAT (Permainan Jump, Attach, Balance and Twist) merupakan permainan untuk melatih psikomotorik dan kognitif anak. Dalam permainan ini anak-anak akan melompati 3 buah rintangan, kemudian menyematkan antara gambar dengan angka, dilanjut dengan berjalan di balok titian serta terkahir anak-anak akan berjalan secara zigzag melewati patokan bendera. Sehingga, didalam perminan tersebut terjadi proses belajar sekaligus olahraga dan dapat memberikan gerak aktif pada anak serta dapat mengurangi rasa jenuh pada anak ketika belajar.

Tati selaku guru di TK Al Hidayah mengatakan “Program ini sangat membantu kami untuk menerapkan hal baru dalam proses belajar. Permainan ini juga sangat cocok untuk diterapkan pada anak-anak, mereka sangat antusias. Selain belajar, anak-anak juga dapat bermain sehingga tidak merasa bosan dan dapat lebih mudah menarik perhatian serta fokus anak-anak”.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW