Close

" The Character Building University "

Hydrophobic Spray : Spray Anti Air dari Daun Pisang

MEDAN – Kondisi cuaca yang tidak menentu terkadang tak sebanding dengan persiapan. Seperti saat kondisi hujan, orang-orang berupaya untuk melindungi dirinya atau barang pribadinya dari hujan. Namun tak jarang seseorang tidak membawa pelindung hujannya seperti payung atau jas hujan akibat bentuknya yang cukup besar. Manusia saat ini lebih memilih hal-hal yang bersifat simple, praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Berdasarkan hal tersebut. maka mahasiswa/i yang diketuai oleh Dian Wardana, anggota Ahmad Ramadhan dan Rizka Alfi Fadhilah mencoba membuat spray anti air dari daun pisang yang dinamakan Hydrophobic Spray. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari lulus pendanaannya tim tersebut pada Program Kreativitas Mahasiswa dengan bidang kegiatan Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang dibimbing oleh bapak Drs. Eddyanto, Ph.D.

Kepada Humas Unimed, Ketua Penelitian Dian Wardana menjelaskan Hydrophobic Spray sendiri terinspirasi dari jatuhnya air pada permukaan daun yang hanya mengalir melewati permukaan daun dan akhirnya jatuh. Fenomena ini terjadi akibat adanya zat lilin dalam setiap daun tumbuhan. Adapun tumbuhan yang cukup potensial di Sumatera Utara untuk dijadikan Hydrophobic Spray ialah pisang, Oleh karenanya bahan baku yang digunakan berasal dari daun pisang.

Dian Wardana mengatakan kami berharap agar Hydrophobic Spray ini nantinya dapat menjadi spray anti air yang simple, praktis dan mudah dibawa kemanapun sehingga dapat melindungi diri atau barang tertentu dari kebasahan yang diakibatkan oleh air. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW