Close

" The Character Building University "

Kenalkan Sejarah, Mahasiswa Unimed Buat Sistem Informasi Museum

MEDAN – Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) membuat website sistem informasi museum di Sumatera Utara. Tujuannya yakni untuk lebih mengenalkan sejarah dan kebudayaan kepada masyarakat luas. “Dengan adanya website ini, semoga niat masyarakat untuk berkunjung ke museum semakin meningkat. Pada akhirsnya semoga ini membantu pengenalan sejarah kepada masyarakat,” ujar Jeksen Kristian Sinaga, salah seorang mahasiswa penggagas ide pembuatan website ini, pada Rabu (29/5).

Jeksen menjelaskan bahwa website yang mereka buat telah mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti tahun 2019 melalui Program Kreativitas Mahasiswa. Website yang bisa diaksses melalui http://dev.unimed.ac.id/museum menyajikan informasi tentang lokasi museum beserta lokasi museum di Sumatera Utara. Selain itu, mereka juga menampilkan deskripsi dan fasilitas yang dimiliki museum. “Nanti juga akan dibuat sosial media dan menghubungkannya dengan map,” terang Jaksen.

Salah seorang anggota tim lainnya, Halimahtun Sakdiah, mengatakan website tersebut telah diuji efektifitasnya. Ujicoba dilakukan terhadap mahasiwa Pendidikan Sejarah Unimed sejak bulan Maret hingga Mei 2019. “Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed sangat termanfaatkan  dengan adanya website museum se-Sumatera Utara yang dibuat oleh dari Tim PKM-PE Unimed.  Dapat membantu menyelesaikan salah satu tugas pembelajaran mahasiswa sejarah yang harus mengenal jenis serta koleksi museum yang ada di Sumatera Utara,” ujarnya.

“Informasi dalam website tersebut juga dapat membantu guru-guru sejarah dalam pembelajaran. Ini akan terus kita kembangkan,” pungkas Sakdiah. (Humas Unimed/dl)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW