Close

" The Character Building University "

Buka Puasa Bersama Civitas PPs Jadi Momentum Memperkuat Silaturahmi

MEDAN – Program Pascasarjana Unimed mengadakan buka bersama dan santunan anak yatim dalam rangka meningkatkan hubungan silaturrahim dan kebersamaan yang diadakan di Gedung Pascasarjana Lt.I Unimed (27/5). Turut Hadir pada acara ini yakni Rektor Unimed Prof. Dr. H. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid. K, M.Pd., Wakil Rektor III Prof. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Manihar Situmorang. M.Sc. Ph.D., Dekan dari semua fakultas di Lingkungan Unimed, Ketua Lembaga, Wakil Direktur I, II, Program Pascarjana , Guru Besar, seluruh Fungsionaris Program Pascasarjana beserta seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilingkungan Program Pascasarjana Unimed dan Anak-anak Panti Asuhan SLB Guna Melati Aisyiyah. Hadir sebagai penceramah yakni Ustadz Dr. Irwan Syahputra, MA

Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid. K, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan,” sangat mengapresiasi Pascasarjana mengadakan Acara Buka Puasa Bersama sekaligus rangkain memberikan santunan kepada anak-anak dari panti asuhan dan memberi sumbangan kepada Masjid Baiturrahman Unimed”.

Lanjut Prof. Hamid, “ Kita tahu persis bahwa dalam acara seperti ini bukan buka puasanya yang kita kejar tetapi bagaimana kita membangun silaturrahmi sesama kita di Pascasarjana ini. Bagaimana kita melihat dalam kebersamaan kita ini apapun bisa kita lakukan, dan dalam kaitan ini kita tahu bahwa kita sudah memasuki puasa Ramadhan yang ke-22, dimana kita harus menjadi orang yang sabar, ikhlas untuk mengejar ketaqwaan”.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd , menyampaikan “sungguh para Nabi dan Rasul meminta kita agar selalu bertaqwa pada Tuhan yang Maha Kuasa, bertaqwa dalam arti takut akan Tuhan sebagai dasar kepada kita membagun iman, membangun ilmu pengetahuan, melalukan kebenaran”.

Lanjut Prof. Bornok “Kita dituntut harus selalu memelihara silaturrahim kebersamaan diantara kita. Kebersamaan ini akan berbuah terhadap sesama dan pimpinan, serta seluruh civitas akademika Pascasarjana Unimed sehingga tidak ada lagi rahasia yang akan membuat kita jauh dari kualitas dan tersembunyi diantara kita. Namun kita berharap dengan adanya keterbukaan sehingga tidak ada lagi batas-batas untuk kita bersatu, bersilaturrahim untuk meningkatkan mutu di Pascasarjana”.

Dalam ceramahnya, Ustadz Dr. Irwan Syahputra, MA “Puasa adalah satu ibadah yang besar dalam islam dan suatu ibadah universal, ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang memiliki efek yang sangat kompleks kalau ditinjau dari berbagai dimensi dan bahkan sebagaimana disebut dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah, puasa adalah salah satu media untuk melakukan sebuah perubahan. Kita lihat dari Surat Al-Baqarah bahwa salah satu dari tujuan atau ending ibadah puasa ini agar terbentuknya sebuah karakter yang disebut dengan Taqwa. Karakter Taqwa adalah karakter terbaik disisi Allah”.

Terwujudnya sebuah hubungan kerja saling memiliki keterbukaan dalam bahasa agama adalah terciptanya sebuah kondisi dimana kita bisa berinteraksi dalam sebuah kejujuran. Pentingnya kejujuran didalam sebuah kehidupan sebagaimana yang disebut dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah 177 “Bahwa orang jujur itu adalah orang bertaqwa”. Puasa yang akan menuju pada perubahan itu adalah puasa yang dilakukan dengan landasan keilmuan yang benar dan tidak hanya sekedar puasa. Puasa itu tidak hanya sekedar menahan rasa lapar dan dahaga saja tetapi puasa itu juga mampu mengendalikan diri dari perkataan yang kasar dan perbuatan yang keji. Ujar Ustadz Dr. Irwan.

Buka puasa bersama ini dimanfaatkan sebagai suatu momentum kebanggaan dan kerbersamaan agar buah ibadah puasa akan menjadi peningkatan kesabaran, rasa syukur dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.(Humas Unimed/nl).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW