Close

" The Character Building University "

Dengan Muzax Pembelajaran Matematika Jadi Asyik

MEDAN – Muzax (Multifunctional Zahien Box) merupakan media pembelajaran matematika yang mudah digunakan di Sekolah Dasar. Media pembelajaran ini memudahkan proses pembelajaran pada guru dan penanaman konsep matematika pada siswa. Dengan menggunakan teori belajar dan perkembangan anak dari J.S Brunner dan Piaget, pembelajaran matematika dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Berisikan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif dan positif sesuai dengan materi kelas 4 SD. Medianya itu terdiri dari 4 bidang yaitu Penjumlahan dan pengurangan dengan media kartu (konkret), dengan gambar, dengan angka-angka secara langsung dan dengan garis bilangan. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan kotak musiknya biar anak bisa rileks dalam belajar.

Untuk meningkatkan hasil belajar dan mempermudah proses pembelajaran di SDN 104223 Bingkawan, Desa Bingkawan, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang. Mahasiswa Unimed memberi pelatihan penggunaan Muzax kepada guru dan siswa. Pelatihan ini sudah enam kali digelar sejak 8 April 2019. Program ini memiliki beberapa pertemuan dimulai dari validitas soal, pretest, pelatihan guru, pelatihan siswa, post test, dan penyerahan media.

Adapun mahasiswa UNIMED melaksanakan Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) tersebut adalah Maya Alemina Ketaren (PGSD 2017), Nur Rarastika (PGSD 2017), Devi Khairani (PGSD 20015), dan Sri Endang Wahyuni (Pend Matematika 2017) dengan dosen pendamping Elvi Mailani, M.Pd.

Sebagai Kepala Sekolah SDN 104223 Bingkawan, Rasmita br Tarigan, S.Pd. mengatakan, “Kami sangat senang dengan adanya program dari mahasiswa Unimed yang membantu kami dalam pembelajaran. Dengan adanya pelatihan media pembelajaran ini siswa lebih mudah memahami materinya. Selain itu siswa merasa senang karena penggunaan media belum ada disekolah Untuk guru, pengajaran dapat lebih mudah dimengerti oleh siswa. Semoga kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan sehingga membantu sekolah untuk mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran kepada siswa.” (Humas Unimed/eo).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW