Close

" The Character Building University "

Menjadi Jurnalis Harus Bisa Melakukan Riset

MEDAN – Ratusan mahasiswa antusias mengikuti acara Seminar Jurnalistik Nasional bertajuk “Break Your Limit and Take Your Action”. Seminar tersebut dilaksanakan di Auditorium Unimed pada Sabtu, 27 April 2019. Menghadirkan narasumber seperti Endik Koeswoyo (Penulis naskah film dan novel), Dita Faisal (Presenter TV One) dan Anza Harahap (Announcer Radio Most FM).

Acara ini merupakan serangkaian acara Pekan Jurnalistik Nasional yang dilakukan oleh UKM Pers Mahasiswa Kreatif Unimed yang berlangsung sejak 24 April hingga 28 April 2019. Kegiatan ini diikuti oleh peserta umum, mahasiswa Unimed, UKM se-Unimed, Lembaga Pers Mahasiswa Se- Indonesia seperti LPM Dinamika UIN-SU (Sumatera Utara), LPM Neraca Polmed (Sumatera Utara), LPM Profesi Universitas Negeri Makassar (Sulawesi Selatan), LPM Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (Sumatera Selatan), LPM Identitas Universitas Hassanudin Makassar (Sulawesi Selatan), LPM Gemercik Universitas Universitas Siliwangi Tasikmalaya (Jawa Barat), LPM Digma Politeknik Tanah Laut (Kalimantan), dan LPM Patriotik Universitas Batanghari (Jambi).

Endik Koeswoyo menyampaikan menjadi seorang jurnalis harus bisa melakukan riset, karena didalam menulis harus sesuai dengan fakta, menggunakan data yang akurat, dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Didalam menulis juga, kita dapat menyisipkan nilai-nilai karakter, pesan dan tujuan inti yang ingin disampaikan dan juga menyentuh lapisan masyarakat. Menulislah maka kau akan membuat sejarah. “Dengan bersecerita melalui media film, kita bisa membuat berita dan informasi yang menarik dan bisa dinikmati dengan cara yang lebih menyenangkan,” tutupnya.

Sementara Dita Faisal mengatakan “seorang jurnalis harus patuh pada kode etik jurnalistik, berfikir kritis, tidak hanya percaya pada satu sumber berita dan memahami dasar-dasar jurnalistik. Menjadi penulis yang baik harus bisa menjadi pembaca yang baik. Begitu juga seorang presenter, pembicara yang baik tentu harus bisa menjadi pendengar yang baik pula.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW