Close

" The Character Building University "

Seminar Nasional IMAPENDAS PPs Unimed : Pentingnya IPTEK di Pendidikan Dasar

MEDAN – Ikatan Mahasiswa dan Alumni Pendidikan Dasar (IMAPENDAS) Program Pasca Sarjana (PPs) Universitas Negeri Medan Menggelar Seminar Nasional Pendidikan Dasar di Digital Library Lantai IV Universitas Negeri Medan, Kamis (25/04/19). Dengan mengangkat tema “Pembelajaran Berorientasi Hots ( Higher Order Thinking Skills ) di Sekolah Dasar Para Era Revolusi 4.0″ Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S , turut hadir Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd, Sriadhi, M.Pd.,M.Kom.,Ph.D., puluhan Kepala Sekolah SeLangkat, Para Guru, dan Ratusan Mahasiswa di Lingkungan Unimed.

Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S dalam sambutannya saat membuka acara mengapresiasi acara Seminar Nasional Pendidikan Dasar yang berorientasi HOTS di sekolah dasar ini harus di terapkan di setiap sekolah agar dapat menstimulasi para guru dan praktisi pendidikan di Sumut lebih semangat mengembangkan kajian ilmu pendidikan, HOTS menunjukkan pemahaman terhadap informasi dan bernalar (reasoning) bukan hanya sekedar mengingat informasi. Nantinya guru tidak hanya menguji ingatan, sehingga kadang-kadang perlu untuk menyediakan informasi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan siswa menunjukkan pemahaman terhadap gagasan, informasi dan memanipulasi atau menggunakan informasi tersebut. Teknik kegiatan-kegiatan lain yang dapat mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif siswa dalam bentuk menjawab pertanyaan-pertanyaan inovatif.

Ketua Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Unimed Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd,. mengucapkan terimakasih kepada IMAPENDAS yang sudah bersedia menyelenggarakan seminar tersebut dengan tujuan agar dapat saling membantu satu sama lain dalam Pendidikan Indonesia dan harapannya seminar ini dapat berjalan baik sesuai harapan kita.

Di era 4.0 saat ini guru dipersiapkan untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), salah satu contoh nyata yang dapat dilakukan guru adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana dalam proses pembelajaran, baik itu sebagai media pembelajaran maupun sumber belajar. selain memanfaatkan teknologi sebagai media ataupun sumber belajar, guru juga harus mampu merancang pembelajaran yang lebih kreatif dengan memanfaatkan strategi, metode bahkan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan di era 4.0 ini.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW