Close

" The Character Building University "

Pekan Jurnalistik Nasional UKM Pers Mahasiswa Kreatif Angkat Isu Lingkungan

MEDAN – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Mahasiswa Kreatif Unimed menggelar Pekan Jurnalistik Nasional pada 24 – 28 April 2019. Pembukaan acara dibuka oleh Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di Ruang Audio Visual Lt.IV Digital Library Unimed (24/4).

Pada pembukaan acara, mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. mengatakan “kami sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Jurnalistik tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kreatif, semoga dapat menjadi contoh yang baik kepada UKM-UKM lainnya di Unimed untuk bisa melaksanakan kegiatan tingkat nasional. Selama ini Kreatif yang punya semangat mempunyai program yang bisa mengharumkan dan menggemakan nama Unimed. Selamat datang kepada mahasiswa-mahasiswi peserta PJTLN Persma Kreatif Unimed tahun 2019, semoga pelatihan ini dapat menambah pengalaman dan wawasan jurnalistik di Sumatera Utara sehingga membuahkan karya jurnalistik dan dapat berkontribusi bagi masyarakat. Sesuai dengan tema PJTLN ini mengangkat tema lingkungan memberi dampak dan menumbuhkan kepedulian masyarakat. Banyak yang harus dibenahi, mulai dari SDA dan SDM, dengan memberdayakan destinasi-destinasi yang berkaitan dengan peningkatan pariwisata di Sumatera Utara.”

Dalam sambutannya, Pemimpin Umum Persma Kreatif Unimed Husna Fadilla mengatakan “Pekan Jurnalistik Kreatif tahun 2019 diisi dengan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) dengan tema Jurnalisme Lingkungan, Seminar Jurnalistik Nasional bertema Break Your Limit and Take Your Action dan Field Trip ke Danau Toba.”

“PJTLN Kreatif 2019 diikuti oleh LPM Dinamika UIN-SU (Sumatera Utara), LPM Neraca Polmed (Sumatera Utara), LPM Profesi Universitas Negeri Makassar (Sulawesi Selatan), LPM Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang (Sumatera Selatan), LPM Identitas Universitas Hassanudin Makassar (Sulawesi Selatan), LPM Gemercik Universitas Universitas Siliwangi Tasikmalaya (Jawa Barat), LPM Digma Politeknik Tanah Laut (Kalimantan), dan LPM Patriotik Universitas Batanghari (Jambi), ”ujarnya Husna Fadilla.

Pada pembukaan Pekan Jurnalistik tersebut, dilakukan juga Pelantikan 18 orang kru baru Unit Kegiatan Mahasiswa Pers Mahasiswa Kreatif Unimed angkatan 31. Acara ini dihadiri oleh Pembina dan Senioren UKM Pers Mahasiswa Kreatif Unimed, Unit Kegiatan Mahasiswa se-lingkungan Unimed, Pers Mahasiswa se-Indonesia, narasumber dan puluhan undangan. Diisi dengan tari tor-tor, pemotongan tumpeng, pengambilan sumpah pelantikan, pemakaian jaket rompi secara simbolis dan musikalisasi puisi.

Pada kesempatan yang sama, Pembina UKM Persma Kreatif Unimed Abdul Latief Rusdi, S.Pd. mengatakan “Pekan Jurnalistik merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Kreatif. Untuk PJTLN sendiri ini sudah kali ketiga yang dilaksanakan oleh Kreatif. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2001. Mempersiapkan acara ini memang sulit dan butuh perjuangan, ini menjadi proses pengembangan diri untuk melangkahkan kaki menuju kesuksesan.”

“Predikat dari Pemerintah (berdasarkan penilaian dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan -red) .menyatakan Kota Medan menjadi Kota terjorok se-Indonesia menjadi latar belakang mengangkat isu lingkungan pada PJTLN ini. Semoga PJTLN ini memberikan dampak positif bagi perkembangan Kreatif dan Kota Medan kedepan. Selain itu diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi kepada dinas terkait untuk berbenah dalam menata lingkungan dan kebersihan,” tutup Abdul Latief Rusdi, S.Pd. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW