Close

" The Character Building University "

FE Gelar Seminar Pengembangan Dashboard Sistem Deteksi Dini Inflasi Penggunaab Big Data

MEDAN – Fakultas Ekonomi menggelar seminar “Pengembangan Dashboard Sistem Deteksi Dini (Early Warning System) Inflasi Menggunakan Big Data” digelar di Aula Fakultas Ekonomi (24/4/2019). Seminar ini merupakan kerjasama antara Fakultas Ekonomi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas).

Dalam seminar ini mengundang 3 (tiga) pembicara diantaranya Dr. Ir. Leonard VH Tampubolon, MA (Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas) , Awan Dito Aristio (Policy Officer Pulse Lab Jakarta/ PLJ), Tari Lestari (Kepala Sub-Direktorat Pembiayaan dan Analisis Moneter). Seminar ini juga dihadiri Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D. dan dosen-dosen Fakultas Ekonomi.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Abdul Hamid,. M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Kasubdit Pembiayaan dan Analisis Moneter dan Pembiayaan, Pulse Lab Jakarta, dan dosen-dosen Fakultas Ekonomi Unimed. Terkhususnya kepada Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas karena telah memberi kepercayaan kepada Unimed untuk menyelenggarakan seminar ini, “harapannya seminar ini dapat berjalan baik sesuai harapan, dengan seminar ini kita lebih mengetahu peranan Big Data serta manfaatnya dalam era revolusi industri 4.0,” ujar Prof. Abdul Hamid.

Awan Dito Aristio dalam paparannya menyampaikan beberapa tujuan diadakannya seminar ini yakni untuk mempromosikan kesadaran atas potensi Big Data, membangun kemitraan publik-swasta untuk perangkat bantu dan keahlian seputar data, melakukan penelitian bersama untuk mengevaluasi potensi metodologi baru, mengebangkan perangkat bantu inovatif untuk pemantauan waktu nyata, dan mendorong adopsi pendekatan-pendekatan baru di sektor publik.

Dr. Ir. Leonard VH Tampubolon, MA (Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas) berterimakasih kepada Wakil Rektor I Unimed, Prof. Dr. Abdul Hamid,. M.Pd. karena telah bersedia menyelenggarakan seminar ini, “Memperkenalkan Sistem Deteksi Dini (Early Warning System) Inflasi Menggunakan Big Data Untuk Perencanaan Pembangunan merupakan tujuan dari seminar ini, harapannya setelah seminar ini kita dapat berdiskusi mengenai permasalahan pada program tersebut supaya dapat menjadi lebih baik lagi, hal ini dikarenakan semakin banyak informasi yang kita dapat maka semakin baik pula program tersebut,” ungkap Dr.Leonard.(Humas Unimed/ms).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW