Close

" The Character Building University "

Perayaan Hari Bahasa Perancis FBS UNIMED Berlangsung Meriah

MEDAN – Merayakan hari bahasa prancis sedunia “ La Semaine D’ La Francophonie “ sudah menjadi agenda rutin bagai Fakultas Bahasa dan Seni Unimed. Perayaan ini digelar di pelataran Fakultas Bahasa dan Seni Unimed, Dalam kegiatan ini turut mengundang siswa/siswi dari beberapa sekolah, SMA Evarina Dolok Sanggul, SMAN 11 Medan, SMA Mutiara Harahap Kerinci, SMA ST Thomas 4 Binjai, SMA Santa Lusia, SMAN 1 Pollung Kab. Humbang, SMAN 1 Pegajahan, SMAN 21 Medan, dan beserta Guru pemdampingnya.

Kagiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D didampingi Wakil Dekan I FBS, Wakil Dekan III FBS. Turut hadir juga Ketua Jurusan, Kaprodi di lingkungan FBS, dosen, Kabag TU. Pada kesempatan ini juga hadir bapak Dr. Irwandy, M.Pd mantan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni yang ikut memeriahkan acara La Semaine D’ La Francophonie 2019 atau perayaan hari bahasa prancis sedunia.

Prof. Manihar Situmorang dalam sambutannya menyampaikan acara ini merupakan agenda rutin oleh jurusan bahasa parancis, yang bertujuan untuk memeriahkan hari bahasa prancis yang dirayakan oleh seluruh negara. “Acara ini diadakan diharap dapat menambah wawasan serta kesadaran dan rasa hormat mahasiswa serta siswa/siswa sekolah yang hadir terhadap sejarah dan budaya bahasa perancis,” ujar Prof. Manihar.

Lebih lanjut Prof. Manihar mengatakan penerimaan mahasiswa baru di unimed ada 3 jalur, SNMPTN,SBMPTN dan jalur Mandiri. Untuk itu perlombaan yang akan diperlombakan nanti berubungan dengan akademik, jika salah satu peserta berhasil memenangkan perlombaan ini maka dia akan dihadiahkan masuk Universitas Negeti Medan melalui jalur Mandiri.

Wakil Dekan I, Wakil Dekan III FBS, dan Dosen bahasa prancis, mengapresiasi kegiatan perayaan bahasa prancis sedunia yang digelar FBS Unimed ini. Seperti kata salah seorang Dosen Jurusan Prancis Tengku Ratna Soraya mengatakan “dengan diadakan kegiatan seperti ini kita dapat memperkenalkan budaya indonesia di dunia dengan menggunakan bahasa perancis. Dihari bahasa prancis ini berkumpul orang-orang yang ahli atau menyukai bahasa prancis. Untuk itu kita dapat mengambil manfaat tersebut untuk memperkaya kemampuan bahasa prancis yang kita miliki ataupun dengan saling sharing atau belajar kepada mereka yang ahli di bidang bahasa perancis karena melalui bahasa prancis kita dapat mempersatukan dunia,” ujar dosen tersebut yang merupakan Kaprodi Bahasa Prancis Unimed.

Acara berlangsung selama dua hari, hari ini dan besok. Untuk agenda besok kunjungan dari Attache Cooperation Linguistique Institut Francais D’ Indonesia, yang mana besok akan diadakan diskusi bersama dosen – dosen dan guru – guru dari perwakilan beberapa sekolah yang ada di Sumatera Utara Jurusan Bahasa Perancis, yang rencananya mereka akan menjalin kerjasama dengan FBS Jurusan Bahasa Perancis Unimed. Bahasa Prancis merupakan bahasa asing yang harus dipelajari setelah bahasa inggris dikarenakan sudah banyak negara maju dan berkembang yang menggunakan bahasa prancis, dibeberapa negara bahasa prancis telah menjadi bahasa resmi tidak hanya itu bahasa prancis juga telah digunakan dalan urusan delegasi internasional karena itulah bahasa prancis termasuk bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kegiatan ini juga didukung oleh Alliance Francaic Medan dan Campus France yang mana adalah salah satu lembaga kedutaan prancis yang mempromosikan kuliah di prancis. Di Indonesia sendiri bahasa Prancis telah diajarkan di sekolah-sekolah menengah.

Karena itu acara peringatan hari bahasa prancis yang digelar FBS Unimed dapat mendorong generasi muda Indonesia untuk mempelajari salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, karena dengan mempelajari bahasa prancis akan membawa manfaat bagi para pelajar atau mahasiswa di berbagai bidang.(Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW