Close

" The Character Building University "

Gebyar Bimbingan dan Konseling 2019, Kenalkan Peranan BK di Era Revolusi Industri 4.0

MEDAN – HMJ Psikologi Pendidikan dan Bimbingan menggelar Expo Bimbingan Konseling 2019 dengan tema “Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai selasa, 26 – 28 Maret 2019 yang diadakan di 3 tempat berbeda yakni Pelataran FIP Unimed, Ruang VIP Gedung Serbaguna, dan Ruang Seminar Digital Library Unimed Lt 4. Berbagai perlombaan dan seminar yang diadakan pada acara tersebut, diantaranya National Essay Competition, Pentas BK, Bimbingan karir untuk siswa SMA, Lomba poster, Instagram Photo Competition, Seminar Nasional dan Field Trip.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S , turut hadir Dekan FIP, puluhan Dosen dan ratusan Mahasiswa FIP Unimed. Seminar Nasional yang diadakan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Firman MS, Kons dari Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia,  dan Prof. Dr Abdul Murad, M.Pd dari Universitas Negeri Medan.

Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S dalam sambutanya mengatakan bahwa Guru BK/Konselor Sekolah diharapkan mampu mengarahkan peserta didik berpikir kritis, analistis dalam penyelesaian masalah yang mereka hadapi. Layanan bimbingan dan konseling merupakan layanan pendidikan yang pada hakekatnya membantu perkembangan optimal dari peserta didik. Di era Milinium 4.0 diharapkan guru BK dapat merumuskan berbagai jenis layanan bimbingan konseling dalam menyiapkan generasi milineal menjadi angkatan kerja yang kompetitif dan produktif.

Melalui kegiatan ini HMJ Psikologi Pendidikan dan Bimbingan mengimplementasikan ilmunya melalui beragam kegiatan positif, seperti perlombaan dan seminar yang tahun ini merupakan pertama kali diadakan. Ratusan peserta antusias dalam mengikuti acara bergengsi yang dipersembahkan oleh HMJ Pendidikan dan Bimbingan . Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Malang.

Pemenang perlombaan tahun ini Juara 1 diraih oleh Putri Laras Trisnawati,Laili Istiqomah, Ahmad Milftahul (Universitas Negeri Malang), Juara II Mutiani Eka Astutik, Kristina, Taufiq Candra Hidayati (Universitas Negeri Sebelas Maret), Juara III Bayu Selo Aji, Cucu Kurniasih, Alivia Eka Arianti (Universitas Ahmad Dahlan), Harapan 1 Erina Dian F, Wahyu Aulia R, Muhammad Adib (Universitas Negeri Sebelas Maret), Harapan II Adinda Putri Aulia, Alifa Rizki Farhani (Universitas Pendidikan Indonesia), Harapan III Etika Meiranti, Ridho Muhammad Reza (Universitas Negeri Semarang) dan Best Presentation Muhammad Zam-Zami, Asrin Indah Safitri (Uversitas Negeri Medan).

Adapun tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah Mempererat silaturahmi antar mahasisawa se- Indonesia, Menumbuhkan semangat berprestasi dan berkreasi para mahasiswa, Meningkatkan kreativitas mahasiswa pada bidang tulis menulis karya ilmiah, Sebagai tempat untuk mempromosikan dan lebih mengenal jurusan Bimbingan dan Konseling, Menyediakan tempat bagi siswa SMA untuk memahami jurusan yang ada di Universitas Negeri Medan dan memahami karir, Meningkatkan promosi dan penjualan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW