Close

" The Character Building University "

Ratusan Guru ikuti Orientasi PPG dalam Jabatan Tahap I Tahun 2019 di Unimed

MEDAN – Dalam rangka untuk mengikuti pembelajaran tatap muka dalam bentuk lolakarya pada tanggal 8 Maret s.d 12 April 2019 mendatang, Universitas Negeri Medan menggelar pembekalan awal terhadap seluruh peserta PPG Dalam Jabatan. Acara tersebut dirangkai dalam sebuah kegiatan Orientasi Awal Peserta PPG Dalam Jabatan Tahap I Tahun 2019. Hadir dalam acara tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom,M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid. K. M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc, Ph.D, serta seluruh Dekan Fakultas di lingkungan Unimed.

Dr. Abil Mansyur, M.Si selaku ketua PPG menjelaskan, peserta PPG Dalam Jabatan ini telah menyelesaikan tahapan pendalaman materi melalui pembelajaran dalam jaringan pada tanggal 21 Januari s.d 28 Februari 2019 dan melakukan lapor diri pada tanggal 4-5 Maret 2019 lalu. Lebih lanjut Dr. Abil menyampaikan peserta yang telah dinyatakan lulus sebanyak 500 peserta yang terbagi pada 8 Bidang Studi yakni, Bahasa Inggris, Ekonomi, Bimbingan dan Konseling Guru Kelas Paud, Guru Kelas SD, Kimia, Matematika, dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Keseluruhan peserta PPG Dalam Jabatan ini berasal dari berbagai propinsi yakni NAD, Sumut, Sumbar, dan Riau. Pada Hari ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Peserta PPG Dalam Jabatan Tahap I dengan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd menyampaikan, Pendidikan Profesi Guru selain bertujuan untuk mendapatkan sertifikat pendidik, tapi juga untuk menambah wawasan bagi peserta PPG Dalam Jabatan Tahap I Tahun 2019. “Mengapa guru harus mengikuti PPG? Karena untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia” jawab Rektor Unimed dengan tegas. Rektor Unimed menghimbau guru harus bisa menargetkan kemampuan muridnya dari segi keterampilan. Disamping itu guru harus bisa membentuk karakter muridnya dengan baik, menjelaskan apa fungsi-fungsi dari organ tubuh masing-masing dengan baik,agar kelak tidak melakukan penyimpangan perilaku yang dapat merugikan orang lain. Walaupun jaman sekarang sudah memasuki era revolusi industri 4.0 tetapi peran guru tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi canggih manapun.

Di akhir arahannya Rektor Unimed mengungkapkan terimakasih dan rasa senangnya karena bisa bergabung dengan peserta PPG para guru-guru yang profesional. “Marilah kita bersama-sama membangun Negeri ini dari sekolah, karena itu tokoh utamanya adalah guru” tutup Rektor Unimed. (Humas Unimed/jh)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW