Close

" The Character Building University "

BPIP RI Minta Masukan UNIMED untuk Implementasi Ideologi Pancasila di Pendidikan Formal

Universitas Negeri Medan menerima kunjungan kerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP – RI). Kunjungan ini dilakukan BPIP dalam rangka Pengumpulan Data Penyusunan Kajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pendidikan Formal di Universitas Negeri Medan. Kunjungan BPIP langsung diterima oleh Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D di Ruang Rapat Wakil Rektor I lt.2 Gedung Biro Rektor Unimed (07/06/2022).

Selain Wakil Rektor IV Turut menyambut kunjungan BPIP-RI Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd., Koordinator MKU Dr. Osberth Sinaga, M.Si., Ketua Gugus Penjaminan Mutu FIS Dr. Deny Setiawan, M.Si., Kajur PPKn Arief Wahyudi, S.H., M.H., Sekjur PPKn Hodriani, S.Sos., M.A.P., Ketua Gugus Penjaminan Mutu FIP Feriyansyah, S.Pd., M.Pd., dan Dosen PPKn FIS. Adapun perwakilan BPIP-RI yang melaksanakan kunjungan ke Unimed yakni FX. Benny Satrio Yulianto, S.H., M.Si (Analis Kebijakan Ahli Madya), Prof. Dr. Marzuki, M.Ag (Tim Penyusun Instrumen Kajian PIP), Dr. Sunarso, M.Si. (Tim Penyusun Instrumen Kajian PIP), Dr. Shely Cathryn, M.Phil (Tim Penyusun Instrumen Kajian PIP), Khikmawati Septiyarini, S.Psi. (Analis Pengembangan SDM Aparatur), Fajar Nurrohmah, S.AB. (Analis Penelitian dan Pengembangan).

Dalam Sambutannya Wakil Rektor IV Prof. Manihar menyampaikan “terima kasih atas kunjungan BPIP RI ke Universitas Negeri Medan, kami civitas Unimed menyambut baik kunjungan BPIP RI ke Unimed yang bertujuan untuk Pengumpulan Data Penyusunan Kajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pendidikan Formal. Seperti yang diketahui di Unimed ada jurusan PPKn dan disini sdh ada ibu Dekan FIS, Bapak Koordinator MKU dan Dosen-dosen PPKn. Semoga dengan kunjungan ini kita dapat bertukar pikiran bagaimana menemukan cara dalam menerapkan Pancasila di Pendidikan Formal dimulai dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi. Pancasila merupakan sebuah pondasi penting di Indonesia, Pancasila merupakan dasar dari negara kita, itu artinya kita sebagai warga Indonesia harus dapat menerapkan nilai-nilai yang ada didalamnya dalam kehidupan sehari-hari.,”

Lanjut Prof. Manihar denga ada kunjungan ini nantinya dapat menghasilkan masukan-masukan yang dapat digunakan untuk membangun sebuah program yang dapat memimplementasikan Pancasila di Pendidikan Formal.

Benny Satrio selaku perwakilan kunjungan BPIP-RI mengucapkan terima kasih kepada Unimed yang telah menyambut kedatangan timnya.”Kami berharap dengan kunjungan atau diskusi dengan akademisi Unimed, kami mendapat masukan yang dapat BPIP gunakan dalam menyusun program Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pendidikan Formal. Program ini nantinya akan kami aktualisasikan dalam Kementrian, Lembaga, dan Institusi yang menangani Pendidikan Formal. Karena seperti yang kita ketahui Pendidikan Formal merupakan salah satu faktor penentu dalam kemajuan bangsa. karena itu kami berharap dengan diskusi ini dapat masukan yang membangun,” ujar Benny.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW