Close

" The Character Building University "

FT UNIMED Gelar Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah bagi 15 Wisudawan Profesi Insinyur

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Insinyur Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Angkatan III yang dilaksanakan secara daring dan luring di Lt 2 Aula FT Unimed, sedangkan daring melalui aplikasi Zoom, pada Jum’at (27/05/2022).

Acara secara langsung (luring) dihadiri Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Seluruh Wakil Dekan FT, ketua Prodi Pendidikan Profesi Insinyur Dr. Ir. Syafiatun Siregar, S.T., M.T., IPM Unimed, dan para wisudawan/i. Sedangkan lewat daring (zoom) hadir Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Jajaran Wakil Rektor, Ketua Umum PII yang diwakili Ketua Badan Pelaksana PII, Direktur Eksekutif dan Ketua Program Profesi Insinyur Persatuan Insinyur Indonesia, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Sumut, Ketua PII Cabang Kota Medan dan Ketua Alumni Profesi Insinyur Unimed.

Acara Pengukuhan Pengambilan Sumpah Profesi Insinyur ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. “Alhamdulillah, pada angkatan III ini Prodi Pendidikan Profesi Insinyur FT Unimed, berhasil mempersembahkan 15 wisudawan yang akan dikukuhkan dan diambil sumpah sebagai Profesi Insinyur. Sejak diberi mandat izin, FT Unimed membuka Prodi Pendidikan Profesi Insinyur diawal tahun 2020, Prodi PPI Unimed telah berhasil meluluskan sebanyak 44 wisudawan/i Profesi Insinyur hingga tahun 2022 sekarang ini, mulai dari angkatan I, II hingga angkatan III. Serta ada 21 mahasiswa Angkatan IV yang sedang melaksanakan aktivitas pembelajaran” tuturnya.

“Kepada para Insinyur yang akan dikukuhkan dan diambil sumpahnya sebagai insinyur, atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh civitas akademika Unimed, kami mengucapkan selamat atas kelulusan Saudara pada Program Pendidikan Profesi Insinyur di FT Unimed. Ucapan selamat kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan Profesi Insinyur di FT Unimed, semoga apa yang saudara capai setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) dapat menghantarkan saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan orang tua dan keluarga. Kami seluruh pimpinan juga menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua/wali dan para wisudawan Prodi PPI, karena kegiatan Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Insinyur ini kita laksanakan secara Daring dan Luring. Walau kita laksanakan acara ini secara daring dan luring, namun tetap hikmat dan bermakna bagi kita semua, terutama para Insinyur dan orang tua/wali serta keluarga.”

Diakhir sambutan Rektor pada saat membuka acara pengambilan sumpah Profesi Insinyur menyampaikan beberapa hal kepada para lulusan PPI, apapun prestasi dan capaian yang telah dicapai dalam program pendidikan profesi insinyur, tentu saja membawa suatu kebahagiaan, kebanggaan, dan tanggung jawab tersendiri bagi wisudawan/i nantinya. Ia berpesan menjaga nama baik almamater (Unimed) yang telah membina lulusan sebagai Insinyur. Tampilkan diri sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill dan soft skill. Tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi kepada Unimed. Memberi kontribusi kepada Unimed. Serta bekerja dengan tulus dan ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat sebagai insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Program Studi Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Keberadaan Program Profesi Insinyur merupakan syarat untuk mendapat sebutan insinyur dan juga syarat untuk pengajuan permohonan mendapatkan sertifikat profesi. Setiap Sarjana Teknik, Sarjana Terapan, Sarjana Pendidikan Teknik maupun Insinyur yang melakukan praktek Keinsinyuran, wajib memperoleh pendidikan Profesi Insinyur dan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) (UU NO. 11 tentang keinsinyuran).
“Selamat atas keberhasilan Saudara menyelesaikan studi Pendidikan Profesi Insinyur di FT Unimed. Ucapan yang tulus juga kepada masyarakat dan para orang tua/wali yang telah mengamanatkan anggota keluarganya untuk dididik dan dibina di kampus kebanggaan kita Unimed- Universitas Negeri Medan”, ujar Dekan. (Humas/Js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW