Close

" The Character Building University "

FBS UNIMED Gelar Kuliah Umum “Memacu Daya Saing Bidang Bahasa, Sastra dan Seni Dalam Industri Kreatif”

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan bekerjasama dengan Friday Forum Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris mengadakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Memacu Daya Saing Bidang Bahasa, Sastra, dan Seni dalam Industri Kreatif” yang berlangsung secara online pada 18 April 2022. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Direktur Musik, Film, dan Animasi Kemenparekraf RI Dr. Mohammad Amin, S.Sn., M.Sn.,M.A.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FBS Dr. Abdurrahman Sahputera, M.Hum dan dihadiri Wakil Dekan I Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum, Wakil Dekan II Dr. Masitowarni, M.Ed, Wakil Dekan III Dr. Marice M.Hum, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Lab dan Sanggar, Seluruh Dosen di Lingkungan FBS Unimed dan ratusan Mahasiswa.

Dekan FBS Dr. Abdurrahman Sahputera, M.Hum pada saat membuka kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada narasumber dan panitia yang telah menggagas kegiatan kuliah umum ini. Semoga kuliah umum ini dapat menjadi salah satu tonggak untuk menciptakan ide-ide baru yang dapat menghasilkan produk-produk terpakai di kalangan masyarakat luas.

Dr. Mohammad Amin, S.Sn., M.Sn.,M.A. menjelaskan materinya tentang Ekonomi Kreatif dan Daya Saing, ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari lahir kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi. Ekonomi kreatif sangat penting karena Indonesia saat ini sedang menikmati masa bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif lebih besar dari usia tidak produktif, yaitu lebih dari 68% dari total populasi. Karakteristik subsektor eknomi kreatif ada empat yaitu sebagian besar pada dasarnya masuk dalam kategori seni, tidak berdiri sendiri, saling berkaitan satu sama lain dan dimungkinkan munculnya kolaborasi baru. Maka dari itu ekonomi kreatif mengacu pada 17 sektor yaitu pengembang permainan, arsitektur, desain interior, desain produk, film, animasi dan video, fotografi, kriya, music, desain komunikasi visual, penertiban, periklanan, kuliner, seni pertunjukan, seni rupa dan televise dan radio. (Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW