Close

" The Character Building University "

Kembangkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa, UNIMED Gelar Business Plan Competition 2021

Universitas Negeri Medan menggelar Final Business Plan Competition (BPC) Tahun 2021. Acara ini merupakan babak terakhir yang harus diikuti oleh peserta BPC yang telah lolos seleksi proposal. Peserta yang terpilih proposalnya akan melakukan presentasi di Final ini. Acara Final BPC UNIMED 2021 dilaksanakan secara daring dengan melalui aplikasi zoom (15/12/2021).

Pada babak final ini tim juri yang menilai adalah Dr. Wisnu Dewobroto (Reviewer Nasional Kewirausahaan), Fachrizal Barus (Praktisi kewirausahaan sumatera utara), dan Ali Fikri Hasibuan M.Si (Kepala UPT-PKK Unimed).

Business Plan Competition (BPC) 2021 ini diadakan untuk mengembangkan dan menggali jiwa wirausaha dan kreativitas yang dimiliki Mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi penyalur ide-ide kreatif Mahasiswa se-Indonesia sehingga di masa depan dapat membuat perubahan dengan cara menjadi seorang wirausahawan baru dan dapat bersaing dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19.

Dalam sambutaanya Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd menjelaskan bahwa Konsep sistem kompetisi Business Plan Competition (BPC) adalah peserta mengirimkan proposal rencana bisnis dengan konten seperti yang sudah di sediakan panitia. “Proposal yang dikirim akan diseleksi dan dinilai seberapa kreatif, inovatif ide, penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas, inovatif ide, dan originalitas, pengimplementasian bisnis yang di ajukan, dan berdasarkan ketentuan tata tulis. Proses seleksi nantinya akan dilakukan oleh tim juri untuk dipilih proposal terbaik dan kompetisi dilaksanakan secara daring di Universitas Negeri Medan,”.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan dalam rangka program kompetisi bisnis tingkat nasional yang dilaksanakan dibawah kantor wakil rektor bidang kemahasiswaan.” Lanjut Prof. Sahat

di akhir sambutaanya Prof. Sahat Siagian mengucapkan selamat kepada tim yang telah lolos seleksi proposal Business Plan Competition.”Kepada para Peserta yang berhasil ke babak final saya ucapkan selamat bertanding ke tahap selanjutnya di tingkat nasional. Kami berharap semoga tim yang lolos di final ini dapat mempersiapkan diri dan materinya sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal dan membuahkan prestasi yang membanggakan,” tutup Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan ini.

Setelah melalaui proses penilaian, dewan juri menetapkan para juara dimasing-masing bidang kategori sebagai berikut : Pada kategori Teknologi Digital Juara 1 diperoleh oleh Universitas Brawijaya, Juara 2 dari Universitas Surabaya, dan Juara 3 Universitas Negeri Medan. Pada kategori Pariwisata Juara 1 diperoleh oleh Universitas Brawijaya, dan Juara 2 diperoleh dari Universitas Jambi.

Pada kategori Pertanian/Teknologi Pangan, juara 1 diperoleh oleh Universitas Negeri Malang, Juara 2 diperoleh oleh Universitas Negeri Malang, Juara 3 dari Institut Pertanian Bogor, Juara Harapan I dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dan Juara Harapan II diperoleh oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Pada kategori Bisnis Kreatif Juara 1 diperoleh oleh Universitas Negeri Medan, Juara 2 dari Institut Pertanian Bogor, Juara 3 dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara Harapan I dari Universitas Negeri Medan, dan Juara Harapan II dari Universitas Sebelas Maret. Pada kategori Jasa Inovatif, Juara 1 diperoleh oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Juara 2 diperoleh oleh Institut Pertanian Bogor, Juara 3 dari Universitas Prof.Dr. Moestopo, Juara Harapan 1 dari Universitas Riau, dan Juara Harapan 2 dari Universitas Bengkulu.(HumasUnimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW