Close

" The Character Building University "

Webinar Nasional FIP UNIMED Bahas Strategi Mendapatkan Beasiswa Lanjut Studi di Luar dan Dalam Negeri

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan selenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Peluang Melanjutkan Studi Dengan Beasiswa Ke Luar Negeri dan Dalam Negeri” pada Kamis (2/12) dengan diikuti oleh 864 peserta diantaranya dosen FIP Unimed, guru, mahasiswa dan pelajar umum. Kegiatan ini dilaksanakan melalui media aplikasi Zoom Cloud dan Live Streaming youtube FIP UNIMED.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bapak Dekan FIP Unimed Prof. Dr. Yusnadi, MS, Ibu WD 1 Nani Barorah Nasution, S.Psi., MA, Ph.D, Ibu WD 2 Dra. Zuraida Lubis, M.Pd., Kons, Ibu WD 3 Kamtini, S.Pd., M.Pd. Adapun MC dan Moderator dalam Webinar ini Ibu Salsabila H, Tanjung, S.Pd., M.Pd dan Bapak Winara, M.Pd.

Webinar Nasional: “Peluang Melanjutkan Studi Dengan Beasiswa Ke Luar Negeri dan Dalam Negeri” dibuka resmi oleh Wakil Rektor IV Unimed, Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D., dengan berjalan lancar dan sukses. Dalam sambutannya WR IV Unimed Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. menyampaikan kami berterimakasih buat narasumber kita Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D selaku Direktur LPDP, Rumtini, Ph.D selaku Kepala Divisi Rekrutmen Beasiswa LPDP, dan Dosen Unimed penerima beasiswa LPDP dan Beasiswa Luar Negeri yang sudah menyisihkan waktu untuk UNIMED memberikan ilmu, pengalaman, dan motivasi kepada bapak/ibu terutama yang akan melamar beasiswa supaya termotivasi untuk melakukan studi lanjut S3 baik itu di luar negeri dan dalam negeri. Kami sangat bangga dan senang kepada narasumber karna bisa menghadiri secara langsung secara virtual. Mudah-mudahan bapak dan ibu dosen di UNIMED mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas bagaimana caranya mendapatkan beasiswa terutama tentang strategi mendapatkan beasiswa LPDP.

Harapan kami seluruh dosen Unimed yang ikut dalam webinar ini dan saudara-saudara kami yang lain yang bergabung dengan unimed dapat melanjutkan studi S3 pada tahun 2022 dan berhasil mendapatkan beasiswa.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yang disampaikan oleh Rumtini, Ph.D Kepala Divisi Rekrutmen Beasiswa LPDP di Kementerian Keuangan yang sengaja diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan materi “Layanan Beasiswa LPDP, Strategi Seleksi Beasiswa LPDP, dan Komponen Beasiswa LPDP utuk Tahun 2021”, beliau menyampaikan beasiswa LPDP ada tiga ketegori yaitu Beasiswa Afirmasi, Targetted, Umum dan masing-masing memiliki turunan. Beliau juga menyampaikan tahap-tahap untuk seleksi beasiswa LPDP tahun 2021. LPDP saat ini menggelola dana abadi mencapai Rp. 90,11 Triliun, tentunya dana tersebut sangat besar dan disalurkan untuk berbagai kegiatan peningkatan sumber daya manusia secara berkelanjutan.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh Halimatussakdia, S.Pd., M.Hum. Awardee LPDP BUDI-DN Program Doktoral UNS. yang sengaja diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan materi tentang “Kiat Sukses Meraih Beasiswa LPDP” beliau menyampaikan bahwa pentingnya mendapatkan beasiswa dalam Pendidikan, beliau juga menjelaskan kiat lolos dalam mendapatkan beasiswa LDPD serta sharing bagaimana pengalaman beliau ketika mendapatkan beasiswa.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi ketiga yang disampaikan oleh Silvia Mariah, H., S.Pd., M.Pd. Penerima Beasiswa Pemerintah Australia Southern Cross University, yang sengaja diundang sebagai nasarumber untuk menyampaikan materi tentang “Sharing Pengalaman Apply Australia Awards Scholarships” yaitu beliau menyampaikan beasiswa Australia Awards merupakan salah satu beasiswa prestigious, beasiswa ini dibiayai penuh oleh pemerintah Australia. Beliau juga menyampaikan banyak sekali manfaat dan keuntungan sebagai penerima beasiswa Australia Awards Scholarships.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi keempat yang disampaikan oleh Shofia Mawaddah, S.Psi., M.Sc. Awardee LPDP S2 University College London yang sengaja diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan materi tentang “Peluang Melanjutkan Studi Dengan Beasiswa ke Luar Negeri” yaitu beliau mengatakan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri secara sederhana yaitu hal pertama yang harus kita lakukan menumbuhkan keyakinan diri kita, kita bisa, kita mampu untuk memperjuangkan. Selanjutnya beliau menjelaskan persyataran umum untuk melamar beasiswa LPDP, tahapan-tahapan mendaftar beasiswa LDPD, dan tips memilih Universitas dan Jurusan yang akan kita ambil.

Kemudian sambutan dan penutupan acara disampaikan oleh Dekan FIP Unimed Prof. Dr. Yusnadi, MS. Beliau menyampaikan sungguh hari ini kita mendapat pencerahan dan wawasan bahwa LPDP sangat luas dan sunguh sangat mulia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Beliau juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Ir. Dwi Lasro MSIE, Ph.D Direktur LPDP yang turut hadir dalam kegiatan webinar hari ini, kepada Rumtini, Ph.D, kepada para Narasumber Penerima Beasiswa LPDP dari Luar dan Dalam Negeri yang telah memaparkan materinya dan kepada semua partisipan yang ikut dalam Webinar Nasional kita pada hari ini. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW