Close

" The Character Building University "

Ratusan Mahasiswa dan Dosen Ikuti Workshop Persiapan PKM Tahun 2022

Ratusan mahasiswa dan dosen Universitas Negeri Medan mengikuti kegiatan “ Workshop Penyusunan Proposal PKM Pengajuan Tahun 2022 dan Training of Trainer (ToT) Dosen Pendamping PKM Tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring dengan aplikasi zoom 25-26 November 2021. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang sudah berkecimpung lama di bidang PKM yakni Dr.rer.nat Sundani Nurono Soewandhi (Guru Besar Insitut Teknologi Bandung) dan Prof.Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, MRur,Sc (Guru Besar Institut Pertanian Bogor).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Unimed Prof. Manihar Situmorang. Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Tri Andri Hutapea, S.Si.,M.Sc. melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 750 mahasiswa yang sudah mengumpulkan draft proposal PKM dan Sebanyak 300 Dosen Pendamping yang akan mengikuti ToT Dosen Pendamping PKM

Dalam sambutanya Wakil Rektor IV Unimed Prof. Manihar Situmorang mengatakan Terima kasih kepada narasumber yang memberikan ilmu dan pengetahuan kepada dosen pendamping sekaligus melatih mahasiswa dalam menyusun proposal PKM supaya layak diakukan tahun 2022 dan mendapatkan kemampuan terbaru tentang PKM bagi mahasiswa serta akan memfasilitasi mahasiswa dalam mewujudkan kualitas dan kuantitas proposal. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi secara nasional, serta berkontribusi dalam pemeringkatan perguruan tinggi setiap tahunnya. Program ini telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 dan merupakan upaya untuk mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif dikalangan mahasiswa. Kita pimpinan sangat berharap agar tahun depan jumlah proposal PKM makin meningkat sehingga kesempatan untuk tembus ke PIMNAS lebih besar peluangnya.

Prof. Dr. Sundani Nurono Soewandhi dalam paparannya mengatakan Program Kreativitas Mahasiswa sangat mendukung pencapaian indikator kinerja utama . Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam proporsal yang diunggah mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai hal untuk menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Kemahasiswaan melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa dan penambahan kategori baru.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW