Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Latih Guru MTs Alwashliyah 19 Percut Mengolah Bahan Pangan Lokal Menjadi Frozen Food

 Tim dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan program pengabdian masyarakat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alwashliyah 19, Desa Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan tersebut adalah pelatihan pembuatan frozen food berbasis ikan kepada para guru yang mengabdi di sekolah tersebut.

Program pengabdian masyarakat ini memiliki gagasan dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pemberian keterampilan pembuatan makanan berbentuk frozen food yang menggunakan bahan pangan lokal berupa ikan. Kegiatan ini berlangsung pada  18 November 2021, di mana para tim Unimed datang berkunjung dan memberikan pelatihan manajemen  kepada para guru. 

Kegiatan ini diinisiasikan oleh Dosen Unimed yang beranggotakan dosen Program Studi (Prodi) Biologi, dosen Prodi Ilmu Gizi, dan dosen Prodi Antropologi. Pelatihan ini diberikan oleh Dr. Esi Emilia, M.Si, Dra. Adikahriani, M.Si, dan Dra. Nuwairy Hilda, M.Pd di mana ketiganya merupakan dosen Prodi Gizi dan Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Medan.

Selain pelatihan pembuatan frozen food, tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Medan juga melakukan penyerahan seperangkat alat pengolahan frozen food seperti freezer, mesin penggiling dan pengaduk adonan, vacuum sealer, dan seperangkat alat memasak. Penyerahan dilakukan oleh ketua tim, Wina Dyah Puspita Sari, S.Si, M.Si kepada Bapak Muhammad Irsad, S.H selaku kepala sekolah MTs Alwashliyah 19 Percut.

Kegiatan ini disambut positif oleh para guru. “Terima kasih banyak kepada dosen-dosen Unimed  yang telah memotivasi  dan memberikan ilmu terkait pembuatan frozen food  pada kami para guru MTs alwashliyah 19 percut. Mudah-mudahan ilmu ini dapat kami gunakan untuk menambah pemasukan demi kemajuan sekolah ini.” Ujar salah seorang guru seusai menjalani pelatihan.

Dr. Esi Emilia, M.Si mengungkapkan kekaguman atas semangat para guru saat mengikuti pelatihan. “Saya sangat bersyukur dapat berbagi ilmu kepada guru-guru di MTs Al Washliyah ini. Saya juga kagum terhadap antusias dan semangat guru-guru dalam menjalani pelatihan dan program pengabdian dari awal sampai akhir. Mudah-mudahan ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kebaikan sekolah dan masyarakat di sekitarnya.”(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW