Close

" The Character Building University "

Rakor PPG Daljab Angkatan IV : Lulusan PPG Harus Memiliki Growth Mindset

Dalam rangka meningkatkan capaian pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan IV bersama Guru dan Dosen Penguji serta Admin Kelas pada 16-18 November 2021 di Prime Plaza Hotel Kualanamu.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan PPG tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. dan Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Turut menghadiri para Wakil rektor, Dekan dan Ketua lembaga yang ada di lingkungan UNIMED, serta panitia pelaksana PPG Unimed dan Dosen, Guru Pamong dan Admin kelas.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, menyampaikan pada pembukaan acara, “Tujuan dari kegiatan rapat ini adalah untuk melakukan refleksi dan evaluasi permasalahan yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada kegiatan PPG angkatan IV. Sehingga diharapkan akan menghasilkan saran dan juga perbaikan pada pelaksanaan PPG yang sedang berjalan saat ini maupun yang akan datang. Hari ini kita akan mendiskusikan bagaimana langkah-langkah kita agar pelaksanaan PPG angkatan IV bisa berjalan dengan lancar. Mari kita laksanakan keputusan hasil diskusi dan persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menyusun dan menyukseskan pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2021. Dalam kesempatan ini juga kami memohon masukan dan saran dari bapak Ketua Senat agar pelaksanaan PPG dalam jabatan angkatan IV ini bisa berjalan dengan baik dan sukses”.

Prof. Dr. Syawal Gultom, menyampaikan pada sambutannya secara daring, “Saya memberikan saran bahwa PPG 2022, dimulai dari pertanyaan, sebenarnya apa yang akan dilakukan guru secara terus menerus setelah dia setelah dia PPG. Paling tidak ada 4 yang akan secara terus menerus yang akan dilakukan oleh guru. Yang pertama dia harus bisa mendetailkan sebenarnya tujuan anak-anak datang ke sekolah, apakah tujuannya dalam bentuk integritas, pengetahuan yang luas, memperoleh keterampilan. bahkan isu-isu terbaru yang dimasukkan oleh guru tersebut. Yang kedua, guru harus bisa mengupdate, seorang guru itu harus berbekal masa lalu, mengajar masa kini dan memikirkan masa depan. Akan tetapi materi yang lalu itu belum tentu dengan materi yang ada sekarang. Oleh karena itu mendalami materi tersebut dimulai dari explorasi terlebih dahulu dan sampai mengorganisasikannya. Yang ketiga, bagaimana seorang guru membuat rancangan yang bagus. dalam rancangan yang bagus itu sudah mendetailkannya, bahkan contohnya hal-hal yang guyon pun sampai kalimat-kalimat tinggi, dan kutipan-kutipan pendapat ahli. Dan yang ke empat, memperbaiki praktek pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus”.

Lanjut Prof. Syawal, “Refleksi, changes dan growth mindset itu harus diintegrasikan, gimana caranya nanti lulusan PPG ini memiliki growth mindset dan tidak harus memperbaiki diri lagi. Dan juga yang harus kita perbaharui sekarang, bagaimana pengetahuan, keterampilan menjadi navigator atau knowledge as a navigator, dalam artian 3 hal penting yakni creating new value, taking responsibility dan reconciling tension and dilemma, maka itulah hal-hal yang harus kita integrasikan dalam PPG ini”.

Dalam laporannya, Ketua Koordinator UKMPPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan “Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan angkatan IV tahun 2021 meliputi refleksi dan evaluasi terhadap seluruh proses pelaksanaan pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, proses pelaksanaan Uji Komprehensif dan Uji Kinerja (UKIN) PPG Dalam jabatan Angkatan IV tahun 2021”.

Adapun peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan IV sednag mengikuti tahapan PPL sebanyak 760 peserta yang terdiri pada 12 bidang studi yaitu, Guru kelas SD 345 peserta, Bimbingan Konseling 34 pesertta, Akuntansi dan Keuangan 24 peserta, Bisnis dan Pemasaran 20 peserta, pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 103 peserta, Bahasa indonesia 33 peserta, Bahasa Inggris 69 peserta, Bahasa Perancis 8 peserta, Teknik Geomatika dan Geospasial 1 peserta Teknik Mesin 36 peserta dan Matematika 67 peserta. (Humas Unimed/bg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW