Close

" The Character Building University "

Faculty Ambassador UNIMED : Bangun Kerjasama antar Prodi dengan Mitra Kelas Dunia

Universitas Negeri medan dalam menyahuti IKU (indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi Negeri khususnya pada bagian kerjasama dengan mitra kelas dunia mempersiapkan Faculty Ambassador yang telah ditunjuk dari setiap fakultas di lingkungan UNIMED dalam kegiatan “Penyambutan Faculty Ambassador untuk Bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional” yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, pada Rabu (10/11).

Turut hadir dalam kegiatan ini Dekan, Wakil Dekan, Kepala Kantor Urusan Internasional Maya Oktora S.Pd. M.Hum. Staf Ahli Kantor WR4 bidang Kerjasama Suci Pujiastuti, S.Pd., M.A. dan para Faculty Ambassador di Lingkungan Universitas Negeri Medan.

Wakil Rektor IV Unimed Prof. Manihar Situmorang dalam arahannya mengatakan “Faculty Ambassador akan menjembatani kebutuhan Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional antara Fakultas dengan mitra universitas melalui kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat. Peran kerjasama sangat penting untuk mendukung MBKM sesuai dengan Permendikbud No.3 Tahun 2020 yaitu pembelajaran di luar Program Studi dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama antara PT dengan PT atau Non-PT dan kegiatan kerjasama mendukung IKU 2, IKU 6, dan IKU 8. Kerjasama Unimed dengan Mitra dilakukan untuk mendukung MBKM. Agar kita dapat memperkuat daya saing lulusan, memperkuat jejaring antar PT dengan Mitra Non PT, meningkatkan wawasan kebangsaan, mempromosi keunggulan universitas dan memperkuat peran kerjasama sebagai perekat kebangsaan. jadi sekarang Prodi kita yang akan akan mempunyai peran penting dalam memperkenalkan keunggulan kita kepada mitra, “.

Lebih lanjut Prof. Manihar menjelaskan tugas dari FA yakni menindaklanjuti kerjasama antar mitra dalam dan luar negeri dan kegiatan implementasi hingga ke tingkat prodi, mendukung kegiatan ilmiah dosen, mengkoordinasi kegiatan internasional dengan kantor WR4, mendukung penyelenggaraan kelas internasional, dengan adanya FA akan mempermudah kita dalam mendukung IKU 2,6 dan 8.

Kepala KUI Maya Oktora menambahkan “Kata FA ada makna tersendiri yakni mempromosikan universitas dengan pihak mitra lebih baik dibandingkan kantor WR4. saat ini dalam waktu dekat akan dilakukan rapat dengan Perancis jadi disini akan FA akan mempromosikan universitas dan mencari universitas yang sesuai dengan kompetensi mahasiswa, Pada saat ini mahasiswa kita mulai banyak tertarik dengan program MBKM salah satunya IISMA 2021 yang merupakan skema beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia untuk menempuh program mobilitas di Universitas ternama di luar negeri. Pada saat ini Mahasiswa Unimed ada 3 orang yang telah berhasil lulus program ini. Mereka berhasil lolos ke Universitas Twente Belanda, Universitas padua Italia dan Universitas Korea Korsel. Jadi kita berharap dengan kehadiran FA ini dapat membantu mefasilitasi dalam mensosialisasi program kerjasama di kampus sehingga dapat menarik perhatian para mahasiswa.

Berdasarkan SK Rektor UNIMED Nama- nama Faculty Ambassador yang dilantik yakni Rifqi Aufan, S.Pd., M.Pd (FIK), Dr. Eng. Jubaidah, M.Si (FMIPA) Rangga Restu Prayogo, S.AB., M.Si (FE), Shofia Mawaddah S.Psi., M.Sc. (FIP), Meilinda Suriani Harefa, S.Pd., M.Si. (FIS), Winda Setiasari, SS., M.Hum., Ph.D (FBS), Wisnu Prayogo, ST., MT. (FT), Mangaratua M Simanjorang, M.Pd., Ph.D (Pascasarjana). Faculty Ambasaddor yang telah dipersiapkan oleh masing-masing fakultas ini nantinya akan menjadi jembatan dalam membangun kerjasama antar prodi dengan mitra kelas dunia.(HumasUnimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW