Close

" The Character Building University "

Cegah Dini Covid-19, Dosen Kimia FMIPA UNIMED Latih Pembuatan Handsanitizer pada Guru dan Siswa SD

Dosen Jurusan Kimia Universitas Negeri Medan yang dipimpin oleh Makharany Dalimunthe, S.Pd., M.Pd. bersama dengan ketiga anggotanya yaitu Dr. Junifa Layla Sihombing, S.Si., M.Sc., Susilawati Amdayani, S.Si. M.Pd., Dr. Dra. Gulmah Sugiharti, M.Pd. dan lima orang mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan Hand Sanitizer pada tanggal 25 September 2021 di SD Swasta Bani Adam ‘AS Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli, Medan. PKM ini dilakukan bertujuan untuk mengedukasi peserta didik dan guru SD Swasta Bani Adam ‘AS terkait pentingnya kebersihan tangan sebagai pencegahan dini pandemi Covid-19 yang penyebarannya semakin masif.

Kegiatan PKM ini dibuka oleh ketua tim PKM Makharany Dalimunthe, S.Pd., M.Pd. melalui kata sambutan pada kegiatan PKM tersebut. Dalam sambutannya, ketua tim PKM Makharany Dalimunthe, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa “Pentingnya mematuhi protokol kesehatan yang selalu dianjurkan oleh pemerintah yang merupakan salah satu cara penting dan ampuh untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Tetapi hal itu tidak cukup sampai disitu, karena masyarakat membutuhkan komponen pendukung untuk mematuhi protocol kesehatan tersebut yaitu sabun cuci tangan ataupun hand sanitizer yang selalu tersedia dan berguna untuk mematikan Covid-19 yang ada di tangan. Hand Sanitizer bisa menjadi salah satu alternatif untuk membersihkan tangan jika tidak terdapat air untuk cuci tangan di sekitar kita. Terkait hal tersebut akan dijelaskan oleh narasumber yang merupakan pakar dalam hal pencegahan Covid-19 dan pembuatan Hand Sanitizer”.

Kegiatan awal PKM ini adalah melaksanakan penyuluhan terhadap guru-guru SD Swasta Bani Adam ‘AS oleh para pakar terkait pencegahan pandemi Covid-19 dan pembuatan Hand Sanitizer. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Lisnawaty Simatupang, M.Si. yang menjelaskan terkait Covid-19 dan pencegahannya serta teknik pembuatan Hand Sanitizer berbahan dasar alami seperti ekstrak lidah buaya. Hal penting yang harus dilakukan pada saat proses kegiatan ini berlangsung adalah peserta wajib untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pada kegiatan tersebut juga, Kepala Sekolah SD Swasta Bani Adam ‘AS turut mendukung terhadap pelaksanaan PKM ini dan berterimakasih kepada tim PKM dari Universitas Negeri Medan yang telah memberikan kontribusi positifnya ke SD Swasta Bani Adam ‘AS. Hal yang sangat diharapkan semua guru dan peserta didik adalah terhindar dari pandemik Covid-19 sehingga kegiatan belajar mengajar di SD Swasta Bani Adam ‘AS dapat berlajalan dengan baik.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW