Close

" The Character Building University "

Tingkatkan Proposal PKM 2022, UNIMED undang Alumni PIMNAS di Webinar PKM

Universitas Negeri Medan ( UNIMED ) mengadakan kegiatan WEBINAR PKM Unimed 2022 Alumni PKM Universitas Negeri Medan Dengan Tema “ Meningkatkan Proposal PKM 2022 Melalui Alumni Pimnas Unimed ” Secara daring melalui platform Zoom. Kegiatan ini menghadirkan 4 narasumber yaitu Riri Syavira , S.Si (Peserta Pimnas 29 Bogor), Arghita Aricindy , S.Pd (Medali Perak Poster GFK Pimnas32), Widyan Pratama, S.Pd.(Finalis Pimnas 31 UNY Yogyakarta), Muhammad Akhyar Al Fachri (Medali Perak Pimnas 32 Bali). Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor III Unimed Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Dr. Rahmatsyah , M.Si sebagai Juri Pimnas Reviewer PKM Nasional dan 2962 peserta yang terdiri dari peseta Unimed 2622 dan 340 dari PT lainya.Sabtu ,( 02 /10).

Dalam Sambutannya, Wakil Rektor III Unimed Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd mengatakan Berharap melalui webinar hari ini harus menghasilkan buah yang baik karena masalah pembinaan itu adalah regenerasi, berhasil membuat proposal PKM itu maksimal berarti berhasil menumbuhkan kader – kader yang baik,itu merupakan tanggung jawab pertama sebagai alumni ikut Pimnas, mahasiswa yang tamat yang sudah ikut Pimnas akan berbeda dengan mahasiswa yang tidak pernah ikut Pimnas , apa yang paling baik di contoh adalah model , kita sudah belajar teori belajar sosial bandura dengan zona appoarch development ,pembantuan terhadap mahasiswa itu berjenjang, yang pertama dosen membantu mahasiswa agar berhasil , kedua teman sebaya membantu mahasiswa sampai ia berhasil menyelesaikan masalah.

Dalam sambutannya sebagai Keynote Speaker Dr. Rahmatsyah , M.Si mengatakan, Ada 5 bidang Macam macam dari Layanan pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yaitu:1. PKM-PI (penelitian), 2. PKM-K (Kewirausahaan), 3. PKM-M (Pengabdian Masyarakat), 4. PKM-T (Teknologi), 5. PKM-KC (Karsa Cipta). PKM-GT dan PKM- GFK. Dalam pembuatan proposal PKM , mahasiswa juga harus taat pada aturan , kreatif dan inovatif , serta bahasa visual ke bahasa nalar.

Riri Syavira, S.Si dalam Paparannya menyampaikan Tips dan trick sampai Pimnas yaitu orientasikan tujuan PKM sampai Pimnas , amati permasalahan yang ada di masyarakat dan berikan solusi yang tepat , taat aturan dan berdoa , pemateri juga menyampaikan sistematika penulisan proposal kegiatan PKM- PM dan PKM-PI .

Dalam paparannya Arghita Aricindy , S.Pd. menyampaikan mengenai PKM-GFK yaitu mengasah kreativitas mahasiswa dalam menciptakan gagasan futuristik untuk memperbaiki ( suatu) kondisi masa kini dalam bentuk video dan animasi. Kunci gagasan dari PKM- GFK ini adalah berorientasi kepada masa depan , melibatkan kemanfaatan untuk banyak pihak secara berkesinambungan serta memiliki potensi implementasi. PKM – GFK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan. SDGS di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia. Semuanya dimulai dari gagasan, lalu dilanjutkan narasi, yang pada akhirnya diwujudkan dalam karya.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW