Close

" The Character Building University "

Dosen FT UNIMED Tingkatkan Produksi Pengusaha Ikan Hias Cupang Pantai Labu dengan Mesin Pencetak Pelet

Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemenuhan tri dharma perguruan tinggi yang pada pelaksanaannya melibatkan masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan masyarakat khususnya di bidang produki budidaya ikan hias cupang di Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.

Turut hadir pendamping dari LPPM Universitas Negeri Medan, dan tim program kemitraan masyarakat yang diketuai oleh Dr. Lisyanto, M.Si dengan anggota Muhammad Andi Abdillah Triono, SE., M.Si dan Henry Iskandar, S.Pd., M.Pd.T., dibantu beberapa mahasiswa Fakultas Teknik UNIMED dari Prodi Pendidikan Teknik Otomotif dan Prodi Pendidikan Teknik Mesin, karyawan mitra dan dari masyarakat Desa juga ikut berpartisipasi.

Ketua Tim Pengabdian Dr. Lisyanto, M.Si., mengatakan kegiatan ini diselenggarakan di kediaman mitra di desa Pematang Biara Kabupaten Deliserdang pada tanggal 28 Agustus, 2021. Pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan dimulai dengan pemberian mesin pencetak pelet terapung kepada bapak Jariadi selaku mitra kegiatan PKM. Tim melakukan praktik cara pengoperasian dan perawatan mesin dan serta pelatihan manajemen keuangan UMKM. Menurut mitra kegiatan ini sangat membantu dalam pemecahan permasalahan yaitu meningkatnya kebutuhan pakan (pellet), dengan mesin ini bermanfaat untuk meningkatkan proses produksi dan mampu membuat pakan mandiri. Selain itu memperoleh pengetahuan dan wawasan cara penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar untuk UMKM.

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW