Close

" The Character Building University "

Tuntaskan Masalah Sampah Kota Medan, Tim PKM-PI UNIMED Ciptakan Aplikasi Android “Traption”

Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) berhasil menciptakan aplikasi jasa angkut sampah online dan pelayanan kebersihan online berbasis android yang diberi nama Traption (Trash Problem Solution). Pembuatan Aplikasi traption ini merupakan hasil dari pemikiran mahasiswa yang mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI) yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2021.

Adapun Tim PKM-PI yang menciptakan aplikasi tersebut terdiri dari Bagus Kurniawan (Kimia) sebagai ketua dan anggota Zulqadri (ilmu Komputer), Tariza Humaira (Kimia), M. Alfarhan (PPKN), dan Putri Fauziahri (Biologi). Dalam pembuatannya Tim PKM-PI dimbimbing oleh Dosen pendamping Siti Rahmah, S.Pd., M.Sc.

“Aplikasi traption, merupakan sebuah aplikasi layanan kebersihan. Aplikasi ini digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan jasa angkut sampah, membersihkan rumah dan menjual sampah daur ulang. Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat tidak akan menumpuk sampah lagi, tidak akan membiarkan rumah kotor lagi dan mempermudah akses untuk menjual sampah daur ulang.” Kata Bagus Kurniawan, Rabu (1/9/2021).

“Bukan hanya beroritentasi pada bisnis, aplikasi traption lahir karena kepedulian kami akan lingkungan yang kurang sehat, akibat tumpukan sampah yang tidak diolah dengan baik, padahal sampah tersebut bisa menghasilkan uang jika didaur ulang. Traption berusaha untuk memberikan dampak sosial bagi masyarakat, selain memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pengepul, kami juga berkeinginan menciptakan lingkungan yang asri, sehat, indah dan terciptanya lapangan pekerjaan baru,” Tambah Zulqadri.

Selama kegiatan Tim PKM-PI melakukan riset dan mulai pembuatan aplikasi hingga akhirnya melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada mitra. Mitra traption adalah kelompok tukang sampah di Kecamatan Medan Tembung. Sistem kerja Traption memanfaatkan aplikasi sebagai penghubung antara masyarakat dengan tukang sampah. Selain mengangkut sampah, Traption juga bisa jual-beli barang bekas, pelayanan kebersihan rumah dan edukasi masyarakat tentang sampah dan kebersihan.

Aplikasi ini bisa mulai digunakan dari pertengahan bulan Juli kemarin dengan cara mendownload aplikasi di Google Play Store dari smartphone. Namun sayangnya untuk saat ini traption hanya bisa digunakan oleh masyarakat yang berada di kawasan Kecamatan Medan Tembung saja. Aplikasi ini dapat juga didonwload pada link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mytraption.traption

Dalam 2 bulan, aplikasi ini sudah mendapatkan rating 5.0 di google play store dan juga mendapatkan ulasan positif dari para pengguna. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW