Close

" The Character Building University "

UNIMED Gelar Rakor Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan II

Universitas Negeri Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan II yang berlangsung selama 3 hari, 1-3 September 2021 di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Kab. Deli Serdang dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta Kegiatan Rapat Pelaksanaan PPG Daljab Angkatan II diikuti oleh Pimpinan di tingkat Universitas, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua Prodi, Guru Pamong, Admin Kelas, dan Pengelola PPG Unimed.

Dalam laporannya, Koordinator Pelaksana PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan “PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2021 telah dilaksanakan sejak 25 Mei 2021 untuk 6 (enam) program studi yaitu (1) Guru Kelas SD (230 peserta); (2) Guru Kelas PUAD/TK (69 peserta); (3) Bahasa Inggris (28 peserta); (4) Teknik Otomotif (30 peserta); (5) Teknologi Konstruksi dan Properti (30 peserta); (6) Matematika (51 peserta). Secara keseluruhan total peserta PPG Dalam Jabatan angkatan II adalah 438 peserta. Rangkaian Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan ini meliuti beberapa tahapan antara lain: Orientasi Akademik, Pendalaman Materi (5 SKS) yang dilaksanakan dalam 13 hari efektif, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (3 SKS) yang dilaksanakan dalam 14 hari efektif, Uji Komprehensif yang dilaksanakan dalam 3 hari efektif, dan PPL (4 SKS) yang akan dilaksanakan dalam 31 hari efektif, dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang meliputi Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (Ukin). Saat ini tahapan pelaksanaan PPG ini telah dilaksanakan sampai pada tahapan Uji Kinerja (Ukin). Hanya 1 (satu) tahapan lagi yang belum selesai dilaksanakan yaitu tahapan Uji Pengetahuan (UP) yang jadwal pelaksanaannya akan menyesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan oleh Panitia Nasional. Oleh karena itu dirasa perlu untuk melakukan rapat pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan II untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan II ini. Melalui Rapat ini nantinya akan diperoleh rekomendasi perbaikan pelaksanaan PPG pada tahapan berikutnya.”

Selanjutnya, ia menjelaskan jumlah peserta yang terdaftar mengikuti kegiatan Rapat Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan II ini berjumlah 74 peserta, yang terdiri dari Unsur pimpinan di tingkat universitas, Bapak Ibu Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua prodi, Bapak/Ibu dosen, Bapak/ibu guru pamong, admin kelas, dan pengelola PPG Universitas Negeri Medan. Rapat Persiapan ini nanti akan dilakukan rapat kerja untuk masing-masing bagian khususnya kelompok admin kelas, kelompok dosen dan guru pamong, divisi penjaminan mutu, divisi akademik, dan kelompok pengelola PPG.

Rapat Koordinasi tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan “ Harapannya agar pelaksanaan PPG ini lebih baik lagi kedepannya, hasil monev dan evaluasi akan menjadi masukan bagi Unimed dalam pelaksanaannya. Disamping itu, kita harapkan juga lulusan PPG Daljab Angkatan II menjadi guru profesional yang memiliki integritas dan kompetensi yang unggul.”

Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “PPG diharapkan menjadi garda terakhir dalam peningkatan mutu dan kualitas guru di Indonesia. Sebagai pendidik yang profesional harus memiliki kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan bidang keilmuan yang dimilikinya, memiliki kejujuran dan kedisiplinan serta menjadi teladan bagi peserta didiknya.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW