Close

" The Character Building University "

Tim Dosen Pend. Geografi Unimed Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa Melalui Pemetaan Berbasis SIG Di Deli Serdang.

Jurusan Pendidikan Geografi Unimed melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kembali melakukan pendampingan kali ini kepada beberapa perangkat desa serta seluruh kadus yang terdapat di Desa Tumpatan dengan tema meningkatkan pengetahuan dibidang spasial yang berjudul Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Melalui Pemetaan Partisipatif Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Desa Tumpatan Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan PkM yang di ketuai oleh Drs. Ali Nurman, M.Si dengan anggota M. Ridha S. Damanik, S.Pi., M.Sc, M. Farouq Ghazali Matondang, M.Sc dan Abdinur Batubara M.Pd, juga melibatkan para mahasiswa dan kepala dusun untuk secara berpartisipatif menentukan tapal batas wilayahnya.

Ketua Kegiatan Ali Nurman mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa serta seluruh elemen masyarakat khususnya di Desa Tumpatan dalam memahami ilmu spasial (keruangan) yang mana dalam permendagri No. 45 Tahun 2016 tentang Pedoman dan Penegasan Batas Desa, dijelaskan tujuan penetapan dan penegasan batas Desa untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu Desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis. Dimana pada beberapa tahap pelaksanaannya dilakukan analisis dokumen RTRW dari Kabupaten deli Serdang, pemilihan base map (peta dasar), pengukuran pilar batas dan pemasangan titik koordinat sebagai pilar batas desa. Batas-batas wilayah ini bagi Desa Tumpatan sangat memiliki peran penting sebagai batas kewenangan antar wilayah otonomi sebagai penyelenggaraa urusan pemerintahan.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW