Close

" The Character Building University "

LPPM UNIMED Manfaatkan Hasil Perikanan untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Kec. Hamparan Perak

Jurusan Pendidikan Geografi Unimed melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat. Kegiatan yang bertajuk  PkM Pengembangan Bisnis Olahan Perikanan sebagai Income Generating Unit Usaha Universitas Negeri Medan di Desa Paluh Kurau Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Adapun kegiatan tersebut diketuai oleh M. Ridha S. Damanik, S.Pi., M.Sc dengan anggota M. Farouq G. Matondang, Dr. Darwin P. Lubis, M.Si, OK Sofyan Hidayat, S.E., M.Si., Ak., dan Meilinda S. Harefa, S.Pd, M.Si serta melibatkan Kelompok Melati II Desa Paluh Kurau.

Kegiatan PkM ini bertujuan ini untuk meningkatkan pendapatan kelompok masyarakat melalui peningkatan kemampuan kelompok ibu-ibu Desa Paluh Kurau dalam mengolah hasil perikanan dalam bentuk olahan makanan seperti tempura, otak-otak, nugget, dan dimsum. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh kelompok masyarakat dan pihak Desa Paluh Kurau, sebab dalam kondisi pandemi saat ini, perekonomian masyarakat mengalami tekanan yang cukup kuat yang berakibat pada sulitnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Menurut peserta pelatihan, dengan adanya kegiatan ini, ibu-ibu sangat senang dapat membantu perekonomian keluarga dengan pengolahan hasil tangkap dari para suami sehingga dapat dijual minimal ke sekitar lingkungan Desa Paluh Kurau. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 10 orang ibu-ibu dari kelompok Melayi II Desa Paluh Kurau dan Kepala Desa Paluh Kurau.

Selain memberikan pengetahuan kepada kelompok masyarakat, tim PkM juga menyerahkan beberapa peralatan pendukung untuk pengolahan produk makanan dan pengemasan produk. Menurut ketua pelaksana PkM M. Ridha S. Damanik, M.Sc. penyerahan peralatan ini menjadi penyemangat dan modal awal bagi kelompok untuk dapat langsung memproduksi olahan makanan tersebut dan dapat memasarkan produknya. Produk olahan ini nantinya juga akan dipasarkan melalui unit bisnis Jurusan Pendidikan Geografi (UBISDINKANET) yang sudah dikembangakan pada tahun 2020. Tentunya dengan adanya produk ini dapat menjadi salah satu bentuk aktivitas untuk meningkatkan pendapatan PNBP BLU Unimed.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW