Close

" The Character Building University "

LPPM Unimed Dampingi Kelompok Usaha Arang Tempurung Kelapa Tingkatkan Produktivitas Melalui Furnace

LPPM Unimed melalui tim dosen pelaksana Pengabdian Kepada masyarakat melakukan pendampingan terhadap kelompok usaha arang tempurung kelapa yang berda di Desa Pematang Biara, Deli Serdang. Tim dosen pelaksana ini diketuai oleh Sapitri Januariyansah, S.Pd., M.Pd., dengan anggota Liana Atika, S.Pd., M.Pd., Safri Gunawan, S.T., M.T., beserta 5 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Universitas Negeri Medan (UNIMED). Kegitan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.  Sebanyak 20 orang hadir dalam kegiatan yang merupakan peserta dan pelaksana kegiatan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra pada proses produksi arang tempurung kelapa dengan teknologi sedanya menggunakan rung bakar berbahan dasar batu bata, kayu, dan terpal. Berdasarkan kondisi ini, LPPM Unimed melalui tim dosen pelaksana memberikan batuan alat furnace dengan sistem kondensasi. Dalam sambutannya, ketua dosen tim pelaksana Sapitri Januariyansah, S.Pd., M.Pd., menuturkan bahwa “kegiatan ini merupakan komitmen Universitas Negeri Medan melalui LPPM untuk membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui implementasi hasil kajian keilmuan yang dilakukan di perguruan tinggi”. Kegiatan ini disambut baik oleh Bapak Aidil Lubis selaku ketua kelompok usaha arang tempurung kelapa, beliau menuturkan “Terima kasih kami sampaikan kepada Universitas Negeri Medan atas kegiatan ini. Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam menyelesaikan permasalahan kami”.

Selanjutnya kegiatan dilakukan dengan terlebih dahulu memberikan ceramah kepada peserta tentang tata cara penggunaan dan perawatan furnace. Kemudian, tim pelaksana dan peserta kegiatan langsungng mengperasikan furnace untuk membuat arang. Kegiatan berjalan dengan kondusif dimana peserta aktif mengikuti dan bertanya kepada tim pelaksana terkait produksi. kegiatan lain yang juga dilakukan adalah memberikan pelatihan pembuatan briket dari sebuk ampas arang dan memberikan pelatihan pembukuan keuangan menggunakan aplikasi.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap mitra terhadap peningkatan produktivitas dan peningkatan kualiatas, serta penikatan kemampuan pembukuan. Hasil khirnya, mitra diharapkan dapat meningkatkan daya saing dengan memperluas pangsa pasar secara nasional maupun regional.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW