Close

" The Character Building University "

FBS UNIMED Tingkatkan Kemampuan SDM untuk Dukung Program MBKM Serta Luncurkan Web Simbekamfbs

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) mengadakan kegiatan penguatan peningkatan kemampuan dosen dalam pembelajaran Case Method dan Team Base Method untuk mendukung program MBKM dan Launching web simbekamfbs.unimed.ac.id pada Selasa 24/07.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., Ketua Senat Unimed Prof.Dr. Syawal Gultom, M.Pd Wakil Rektor II Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si., Dekan FBS Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum., Wakil Dekan I Dr. Wahyu Triatmojo, M.Pd., Wakil Dekan II Dr. Masito Warni Siregar, M.Ed. dan Wakil Dekan III Dr. Marice, M.Hum., Kajur dan Sekjur, Kaprodi se-lingkungan FBS, dan Seluruh Dosen dilingkungan FBS.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini akan bermanfaat baik bagi proses perkuliahan semester ganjil 2021/2022 di FBS Unimed. “Saya yakin kita semua memiliki komitmen dan motivasi yang baik agar perkuliahan yang kita lakukan di Unimed ini terkhusus di FBS, ada perubahan-perubahan yang lebih inovatif, dalam menghasilkan lulusan sesuai standar lulusan yang ada di program studi dan fakultas. Saya berharap kegiatan ini dapat mendukung terciptanya ekosistem pembelajaran yang unggul dan inovatif dalam meningkatkan kompetensi dan mutu lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan tuntutan perubahan dunia kerja. Kemudian terciptanya suasana pembelajaran kondusif dan produktif yang didukung dengan sarana dan prasarana belajar yang optimal, dan meningkat kualitas maupun profesionalitas mahasiswa dan lulusan dengan bekal kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, soft-skill, kepemimpinan, dan etika kerja yang baik,” ujar Rektor.

Dekan FBS Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum mengatakan pertemuan ini menyahuti situasi dan kondisi pandemik maupun era teknologi digital yang memang menjadi alternatif pelaksanaan sistem akademik administrasi di Unimed. “Kami menindaklanjutinya dengan berusaha membuat sesuatu sistem jaringan di fbs yang nantinya dapat menjadi fasilitas pembelajaran yang terkait dengan merdeka belajar dan juga menjadi sistem yang dapat di manfaatkan oleh civitas Unimed untuk kegiatan akademik jaringan tersebut bernama simbekamfbs.unimed.ac.id. dan Pertemuan ini sangat penting karena akan membahas metode pembelajaran penggunaan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis Projek sebagai penguatan. Untuk itu kami sangat berharap agar kita semua mengikutinya dengan serius dan mudah-mudahan kegiatan ini nantinya memberikan banyak manfaat untuk kita semua,” ujar Dekan FBS.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam paparannya menyampaikan “bicara tentang project base learning yang dulu kita gunakan dan yang sekarang di gunakan dengan istilah team base project. Jauh sebelum ada team base project dan case method dalam pembelajaran di unimed kita sudah kenal dengan yang disebut kurikulum berbasis KKNI. Bentuk keunggulan dari case method melatih penerapan teori dalam kehidupan nyata, melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS), melatih kemampuan Communication, Collaborative, Critical Thingking, dan Creativity. Saya yakin dosen-dosen FBS Unimed dapat melakukan berbagai langkah-langkah perkuliahan yang inovatif dan kreatif, yang mendukung perkuliahan daring bersama mahasiswa nanti tidak monoton, dan membosankan. Kita harus pahami bahwa semua mahasiswa kita sudah sangat melek teknologi, materi perkuliahan yang akan kita sampaikan mungkin sudah ada diberbagai sumber”.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW