Close

" The Character Building University "

Tim PKM-PM Beri Pelatihan Sosialisasi Mitigasi Bencana Gunung Merapi Melalui Buku Komik

Mahasiswa Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam Tim PKM-PM (Program Kreativitas Masyarakat Pengabdian Kepada Masyarakat) melakukan sosialisasi mitigasi bencana gunung merapi kepada siswa-siswi SMP Negeri 3 Berastagi melalui buku komik. Adapun Tim PKM-PM yang melaksanakan kegiatan ini diketuai oleh Ruth Thifany Simanihuruk (Fisika) yang beranggotakan Nopita Br Girsang (Fisika), Ayu Fadhilla (Pendidikan Geografi), Tanya Bianca (Pendidikan Geografi), dan Tia Monica Br Tumanggor (Psikologi dan Bimbingan Konseling). Mahasiswa-mahasiswa ini dibimbing oleh Rajo Hasim Lubis, S. Pd., M. Pd selaku dosen pendamping.

Ruth selaku ketua tim mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra SMP Negeri 3 Berastagi dengan kurangnya pemahaman siswa-siswi dalam menerapkan langkah-langkah mitigasi bencana gunung merapi, terutama dengan status Gunung Sinabung yang masih aktif mengeluarkan erupsi. “Berdasarkan masalah tersebut, kami membantu menyelesaikan masalah mitra dengan memberi solusi pembuatan buku komik sebagai media penyampaian yang menarik dan berisi tentang pengenalan serta pemahaman langkah-langkah mitigasi bencana gunung merapi yang mudah dipahami oleh para siswa melalui gambar-gambar yang sudah disusun,” jelasnya.

Dosen pendamping Rajo Hasim Lubis S. Pd., M. Pd mengatakan bahwa “Buku komik ini dirancang oleh mahasiswa yang tergabung dalam Tim PKM-PM sebagai wujud kreativitas untuk membantu mitra dalam meningkatkan pemahaman mitigasi bencana gunung merapi terutama dengan lokasi mitra yang masih terjangkau dampak erupsi Gunung Sinabung yang dikemas melalui buku komik.”

Pada kesempatan ini, Sri Henni Br Saragih selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Berastagi berterimakasih serta menyatakan sangat bangga dan senang kepada Tim PKM-PM Unimed yang telah melaksanakan kegiatan di SMP N 3 Berastagi. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun rasa peduli dan tingkat kewaspadaan siswa-siswi dalam menghadapi bencana yang diakibatkan oleh Gunung Sinabung serta dapat meningkatkan kreativitas siswa-siswi SMP Negeri 3 Berastagi.

Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode daring. Kegiatan sosialisasi mitigasi bencana melalui buku komik, pelatihan pembuatan buku komik, evaluasi, dan monitoring dilaksanakan secara daring melalui media zoom meeting.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW