Close

" The Character Building University "

LPPM UNIMED Kembangkan Potensi Tambak Bayan menuju Desa Wisata

Desa Saentis dengan Dusun Tambak Bayan sebagai salah satu dusun yang ada menjadi dusun yang diupayakan sebagai pusat budaya dan menjadi tujuan wisata. Sesuai dengan program yang dirancang, Dusun Tambak Bayan berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki, melalui penggenerasian budaya Jawa sesuai dengan mayoritas suku Jawa yang ada di dusun tersebut. Upaya ini telah dilakukan dengan berdirinya lembaga budaya Trisno Budoyo yang mewadahi berbagai kegiatan pemuda dan telah melakukan aktifitas seni pada berbagai kegiatan. Bersama “Komunitas Dapur Karakter” yang berada di bawah lembaga Trisno Budoyo, melakukan program kegiatan seni (bermain teater, pantomin, menari dll) untuk mendekatkan kembali budaya Jawa pada pemiliknya. Selain itu aktifitas ini menjadi bagian dalam mewadahi kreativitas masyarakatnya, serta guna mengurangi dan menghilangkan prilaku masyarakat khususnya remaja agar tidak terjerumus pada perbuatan tidak baik (narkoba).

Bekerjasama dengan LPPM Unimed, tim pendampingan Pengembangan Potensi Tambak Bayan menuju Desa Wisata, memberikan pelatihan seni teater, dan pendidikan karakter yang dilaksanakan secara door to door. Diketuai Bapak Iskandar Muda, S.Sn., M.Sn, Ibu Dr. Nurwani, S.ST., M.Hum., dan Ibu Elya Siska Anggraini, S.Sn., M.Sn, melakukan latihan dengan memanfaatkan masyarakat Tambak Bayan sebagai pemain pada naskah “Siti” yang akan dipertunjukkan pada bulan Agustus 2021. Pendampingan pelatihan teater dilakukan pada malam hari dengan jadwal pertemuan 3 kali seminggu, Materi yang diberikan berupa penguatan seni tradisi, dan penguatan  pengembangan seni tradisi untuk tujuan wisata, tanpa meninggalkan tradisi yang mereka miliki. Pendampingan diikuti mitra dari kelompok anak-anak, remaja dan dewasa, dengan fokus bidang yang diikuti sesuai dengan bakat dari peserta.

Diharapkan melalui pendampingan seni, untuk penguatan pengembangan Tambak Bayan sebagai Desa Wisata di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama para pemuda. Sesuai dengan yang disampaikan Bapa Asmawito S.Sos Kepala Desa Saentis  pada penyerahan TTG berupa seprangkat sound system, bahwa “budaya dapat mempererat ikatan kekeluargaan serta membantu menjauhkan generasi muda pada hal-hal yang negatif”.

Bersama TIM pendampingan Tambak Bayan menuju Desa Wisata, diharapkan pendampingan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang dapat dilihat dari aspek budaya, memberikan pengakraban kembali tradisi pada pemiliknya yang sekaligus seni tradisi akan terjaga melalui pewarisan. Semoga tim pendampingan seni budaya Tambak Bayan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan,

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW