Close

" The Character Building University "

Penguatan Metode Pembelajaran untuk Persiapan Perkuliahan Semester Ganjil di FIS UNIMED

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (FIS Unimed) mengadakan kegiatan persiapan perkuliahan semester ganjil TA.2021/2022 sekaligus penguatan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) dan metode pembelajaran kelompok berbasis projek ( team base project) melalui platform Zoom pada Kamis (12/08). Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Prof.Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Ketua Senat Unimed )dan Dr. Restu, M.S (Wakil Rektor I Unimed). Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Diikuti juga oleh Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, beserta seluruh Wakil Dekan, Fungsionaris, dan seluruh dosen serta Tendik di lingkungan FIS Unimed.

Saat membuka kegiatan Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan Perkuliahan pada semester ganjil 2021/2022 tetap akan kita lakukan secara daring, karena kondisi perkembangan Covid di negara kita, khususnya di Medan belum tuntas, dan Kemendikbudristek juga sudah menerangkan beberapa ketentuan tentang perkuliahan semester ganjil ini. Oleh karena itu, di Unimed masih berpedoman pada kebijakan pusat yakni kita lakukan perkuliahan semester ini masih secara full daring, jika ada keputusan terbaru tentang ini akan kita sesuaikan dikemudian hari nanti. Pandemi Covid-19 ini tentu mendorong adanya transformasi sistem pembelajaran dari semula tatap muka menjadi daring sepenuhnya. Meski demikian, pembelajaran daring harus tetap menghasilkan lulusan yang memiliki beragam kemampuan, utamanya adalah kemampuan digital dan kemampuan masa depan. Teknologi diyakini mampu menghasilkan model pembelajaran daring yang inovatif, yang pada akhirnya, model pembelajaran inovatif akan mendukung pada implementasi pembelajaran hybrid di Unimed.

Dalam Sambutannya, Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd mengatakan, berterimakasih atas berjalannya perkuliahan pada semester genap tahun 2020/2021 dengan baik ,untuk kesiapan perkuliahan semester ganjil 2021/2022 hasil pantauan kami menunjukkan bahwa Seluruh prodi telah melakukan rapat dosen dalam rangka pembagian tugas dan jadwal perkuliahan seluruhnya sudah naik ke jaringan.perlu juga kami sampaikan untuk menyahuti perkuliahan semester ganjil 2021/2022 ini ada sebanyak 16 matakuliah dari FIS yang ditawarkan untuk MBKM tersebut. Sedangkan FIS yang ikut pertukaran belajar yaitu sekitar 50 orang dan ada sebagian yang tidak aktif dan tidak melanjutkan . Pertemuan ini sangat penting karena akan membahas metode pembelajaran penggunaan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis Projek sebagai penguatan. Untuk itu kami sangat berharap agar kita semua mengikutinya dengan serius dan mudah-mudahan kegiatan ini nantinya memberikan berkah untuk kita semua

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam materinya menyampaikan Pemilihan bentuk dan metode pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan yang diharapkan telah ditetapkan dalam suatu tahap pembelajaran sesuai dengan CPL. Bentuk pembelajaran berupa: kuliah, responsi, tutorial, seminar atau yang setara, praktikum, praktik lapangan bentuk penelitian, bentuk pengabdian kepada masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara. Sementara itu metode pembelajaran berupa: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

Lanjutnya perkuliahan yang kreatif, inovatif dan membangkitkan kesadaran, kebutuhan dan komitmen belajar, tentu akan dapat menggugah para mahasiswa untuk mengerti dan memahami materi perkuliahan yang disampaikan. Apalagi dosen-dosen Unimed dituntut untuk mampu mengelaborasi tuntutan 6 tugas wajib dalam berbagai aktivitas perkuliahan yang dilakukan.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW