Close

" The Character Building University "

7342 Mahasiswa Baru Ikuti PAMB UNIMED Tahun 2021 Secara Daring

Universitas Negeri Medan melaksanakan kegiatan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) Tahun 2021 secara daring melalui zoom dan live streaming Youtube Unimed Official di laman https://www.unimed.ac.id/livestreaming selama dua hari 12-13 Agustus 2021 yang diikuti oleh 7343 mahasiswa baru. Kegiatan PAMB ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai kegiatan akademik awal bagi mahasiswa baru.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., dihadiri seluruh pimpinan Unimed, dari Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketuan Lembaga, Wakil Dekan, Wakil Direktur dan Kepala Biro se-lingkungan Unimed.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Irwansyah Siregar, M.Pd. mengatakan Tercatat bahwa peminat yang ingin masuk menjadi mahasiswa Unimed tahun 2021 ini pada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri ada 56.524, sedangkan yang diterima ada 7.343 orang. PAMB Unimed dilaksanakan secara daring selama dua hari, hari pertama perkenalan tingkat Universitas dilaksanakan secara daring melalui zoom dan live streaming serta pada hari kedua diserahkan kemasing-masing fakultas.

Dalam sambutan pembukaan, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan, Saya mewakili seluruh pimpinan dan senat Universitas Negeri Medan, mengucapkan selamat datang seluruh mahasiswa baru Universitas Negeri Medan Tahun 2021. Saudara semua telah diterima sebagai mahasiswa baru Unimed, melalui seleksi yang sangat ketat dari tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri Di awal masa studi ini, hal penting yang harus saudara lakukan adalah merubah mindset diri bahwa saudara saat ini bukan lagi siswa, namun saudara sudah melangkah menjadi mahasiswa. Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mampu mensinergikan segala potensi diri yang Allah titipkan kepada saudara untuk meraih prestasi akademik, pribadi mulia dengan kekuatan akhlak dan budi pekerti yang dapat menjadi modal untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir, guna meraih cita-cita dan masa depan yang membanggakan diri dan keluarga.

“Kepada seluruh mahasiswa baru Unimed, bahwa Unimed merupakan salah satu kampus terbaik di provinsi Sumatera Utara. Kampus ini merupakan perguruan tinggi negeri yang pertama meraih akreditasi A di tahun 2016, kemudian disusul USU tahun 2018 dan UMSU tahun 2019. Pada agustus 2020 yang lalu, Unimed menjadi perguruan tinggi peringkat 39 dari 2136 kampus yang ada di Indonesia. Ribuan mahasiswa Unimed telah berhasil mengukir prestasi tingkat internasional, nasional dan regional. Pada tahun 2020 yang lalu, Unimed meraih prestasi membanggakan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di UGM Yogyakarta, karena berhasil menduduki peringkat 21 nasional dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kami berharap besar kepada semua saudara anak-anak mahasiswa baru Unimed tahun 2021, agar mempersiapkan diri secara serius dan matang, semoga melalui saudara semuanya, prestasi mahasiswa Unimed akan semakin meningkat. Unimed siap menghantarkan saudara menuju gerbang prestasi dunia.”

Selanjutnya, Beliau mengatakan “Saat ini program Mendikbudristek, mas menteri Nadiem Anwar Makarim sedang gencar-gencarnya menerapkan program “Merdeka belajar”. Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Unimed telah mengambil kebijakan dalam mengimplementasikan “merdeka belajar” dalam kurikulum mulai tahun lalu. Mahasiswa Baru Unimed akan diberi pilihan untuk kuliah 3 (tiga) semester di luar program studinya, yakni ; Belajar 1 (satu) semester pada program studi lain pada kampus yang sama, belajar 1 (satu) semester dalam program studi yang sama pada kampus yang berbeda, dan belajar 1 (satu) semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan-perusahaan, dunia industri dan dunia kerja lainnya.

Saudara semua mahasiswa baru, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program “Merdeka Belajar” selama studi di Unimed. Kebijakan pemerintah ini, sungguh memiliki tujuan mulia yakni agar lulusan perguruan tinggi memiliki kesiapan diri secara matang, baik keilmuan dan skill yang dibutuhkan dunia kerja, sehingga setelah tamat peluang kerja di berbagai bidang akan terbuka luas.”

“Saudara mahasiswa baru yang saya banggakan, Mari kita sikapi dengan arif atas keputusan pemerintah yang tahun ajaran baru 2021/2022, bagi semua siswa dan mahasiswa di perguruan tinggi, belajarnya dilakukan secara daring. Kebijakan ini diambil sebagai langkah pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19 dari penularan antar manusia. Ada kepentingan besar untuk kemaslahatan masyarakat, yakni kesehatan kita semua dan terhindar dari Covid-19. Unimed sudah mempersiapkan sistem LMS sipda.unimed.ac.id sebagai media utama dalam pembelajaran daring pada semester ini. Semoga sistem ini akan mengarahkan semua mahasiswa baru untuk giat belajar meraih prestasi gemilang masa depan,” tutupnya.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam orasi ilmiah menyampaikan Kami di Universitas Negeri Medan selalu bangga untuk menyambut mahasiswa baru karena yakin bahwa masuknya mahasiswa baru tentu akan bertambah kaum intelektual di Sumatera Utara. Seluruh mahasiswa Universitas Negeri Medan harus menguatkan niat kuliah ingin memperoleh sesuatu dan kelak bisa mengabdi di negeri ini. kepada mahasiswa baru agar sukses studi dalam menggapai masa depan, diantaranya way of thinking (mengubah cara berpikir), saudara para mahasiswa baru harus bisa merubah maindset, dari cara beripikir sebagai siswa menjadi cara berpikir seorang mahasiswa, yakni yang high order thinking skills, critical thinking, communication Skill, creativity and Inovation. Unimed akan diperkenalkan cara belajar baru yang mencoba memahami permasalahan yaitu problem based learning dan project based learning bahkan menetapkan 6 tugas yang harus diselesaikan. Ketika Kuliah di Unimed benar-benar harus belajar ilmu pengetahuan dan teknologi yang di claim dengan technical skill tetapi integritas adalah pertaruhan nomor satu. Untuk bisa sukses itu kemampuan komunikasi, integritas, dan kejujuran. Dosen Unimed siap mencetak saudara mahasiswa baru semua menjadi generasi-generasi baru yang unggul, berprestasi dan berkarakter, maka banggalah menjadi mahasiswa Unimed.

Dalam kegiatan PAMB secara Daring hari pertama ini di isi berbagai kegiatan yakni ; memperkenalkan pimpinan Unimed, menayangkan pidato singkat Mendikbud, testimoni 2 orang mahasiswa baru, orasi ilmiah dan pengenalan tupoksi Wakil Rektor, Sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara, radikalisme dan pelecehan seksual dari Direktur Bela Negara Brigjen TNI Jubei Levianto, Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika dari BNN, dan pengenalan Senat Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Unimed.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW