Close

" The Character Building University "

Tim PKM UNIMED Buat Rumah Kaca untuk Tingkatkan Produksi Asam Potong di Kec. Biru-Biru

Dosen Unimed mengadakan sosialisasi PKM (Program Kemitraan Masyarakat) di Desa Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru. Kegiatan ini diawali dari permasalahan mitra dengan rendahnya kualitas dan kuantitas asam potong pada saat musim hujan atau cuaca kurang cerah serta keterbatasan lahan pengeringan.  Mitra sangat bergantung kepada kecerahan sinar matahari dalam proses pengeringan asam potong untuk mendapat kualitas no. 1 dengan nilai jual tinggi sesuai dengan permintaan pangsa pasar.

Pada kesempatan ini TIM PKM Unimed yang diketuai oleh Dr. Rita Juliani, M.Si yang beranggotakan Prof. Dr. Derlina, M.Si dan Ir. Batu Mahadi Siregar, M.T telah melakukan penyelesaian masalah dengan pembuatan rumah kaca sebagai pengering menggunakan sistem thermodinamika yang dapat membantu proses pengeringan asam potong dengan kualitas baik.

Sistem  pengeringan rumah kaca dibuat secara berlapis yang berkapasitas 112 kg asam potong dengan memperhatikan arah angin sehingga rumah kaca akan mendapatkan panas dan sirkulasi angin yang merata pada setiap rak-rak asam potong sehingga asam potong akan mengalami proses pengeringan secara sempurna ujar ketua pelaksana.

Tim yang didampingi narasumber Dr. Rahmatsyah, M.Si juga melakukan kegiatan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk asam potong yang selama ini hanya menjual produk dalam jumlah besar dengan harga lebih murah sehingga dengan   memberikan penambahan variasi sistem pengemasan asam potong nantinya dapat menambah income mitra.

Mitra A. Ginting menyatakan terima kasih kepada Tim pelaksana melalui kegiatan PKM yang diselenggrakan dari Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unimed. Beliau mengatakan sangat terbantu dengan adanya rumah kaca sebagai pengering asam potong sehingga permasalahan yang kami hadapi dapat teratasi pada saat musim penghujan bahkan untuk musim panaspun rumah kaca dapat mengurangi keterbatasan lahan yang tersedia sehingga kualitas dan kuantitas asam potong yang dihasilkan terpenuhi sesuai permintaan pangsa pasar. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW