Close

" The Character Building University "

Dosen Sendratasik FBS UNIMED Beri Pelatihan Peningkatan Kualitas Seni Pertunjukan Reog di Deli Serdang

LPPM UNIMED melalu tim dosen pelaksana pengabdian masyarakat yang terdiri oleh Drs. Inggit Prastiawan, M.Sn, Dr. Panji Suruso, M.Si, dan Dr. Uyuni Widiastuti, M.Pd. memberikan pelatihan Seni Pertunjukan Reog di Desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam meningkatan kualitas mutu Seni Pertunjukan pada kelompok masyarakat Jawa Deli.

Pelatihan Peningkatan Kualitas Seni Pertunjukan Reog dengan Instrumen Musik Dodok ini dilakukan sebanyak 4 tahapan dari bulan Juni – Juli 2021 di Sanggar Cipto Budoyo Desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Pelatihan dan pembibingin ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan diantara anggota kelompok seniman Jawa Deli tentang pengelolaan seni tradisional Jawa,

“Pelatihan ini kami berikan agar masyarakat Jawa Deli di Desa Helvetia dapat melakukan inovasi terhadap perlengkapan Instrumen musik pengiringnya dan inovasi terhadap penciptaan komposisi musik iringannya, serta mampu dalam melakukan inovasi terhadap konsep-konsep pertunjukan yang dapat mendongkrak daya jual kesenian. Sehingga, disini kami menawarkan sebuah solusi yang kami dengan memberikan transfer pengetahuan pengelolaan pengembangan dalam menggunakan instrumen musik dodok pada seni Pertunjukan Reog agar tercipta sebuah kebaruan dalam konsep pertunjukannya dan dapat berdaya jual tinggi di masyarakat,” ujar Inggit.

Sesepuh adat Jawa Deli di Desa Helvetia yaitu Bapak Agus, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Medan, terkhusus LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) yang telah berkontribusi dan memberikan perhatian terhadap kesenian yang ada di Kabupaten Deli Serdang pada kelompok masyarakat Jawa Deli. Sehingga harapan di kemudian hari, kesenian tradisi Jawa Deli dapat terus berkembangan serta dapat dilestarikan oleh generasi muda yang ada di desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW