Close

" The Character Building University "

FMIPA UNIMED Persiapkan Mahasiswa untuk Susun Proposal PKM 5 bidang

FMIPA Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan “Webinar Peningkatan Kompetensi PKM 5 Bidang” secara daring melalui platform zoom dengan narasumber Nurhikmah Weisdayanti, Riri Syavira, Emelia Ginting dan Armaya Azmi yang merupakan Peraih Prestasi PKM di PIMNAS dan alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMED. Kegiatan ini dihadiri Dekan, Jajaran Wakil Dekan, Fungsionaris, Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan FMIPA Universitas Negeri Medan pada Jumat, (9/7).

Dekan Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutannya mengatakan webinar ini akan memberikan ilmu, strategi dan trik untuk Mahasiswa dari para narasumber ahli yang pernah mendapatkan predikat pada PIMNAS. Ada 30 Perguruan Tinggi di Indonesia sampai Malaysia yang mengikuti kegiatan ini harapan nya ilmu yang telah dibagikan dapat menambah wawasan bagi Mahasiswa untuk membuat proposal PKM nya dan bisa ikut dalam Program Pendanaan oleh Pemerintah dan PIMNAS karena itu merupakan prestasi dan prastige yang sangat baik untuk kalian semua. Melalui PKM 5 bidang ini FMIPA Unimed ingin meningkatkan pelayanan primanya dalam rangka mengikuti Program Pemerintah kawasan Zona Integritas dan Implementasi dari apa yang telah diperoleh oleh alumni berbagi ilmu pengetahuan bagi kita semua. Trimakasih banyak kami ucapkan kepada para narasumber, moderator, panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar.

Seminar ini dilaksanakan karena melihat banyaknya minat Mahasiswa dan kebutuhan informasi tentang PKM khususnya di FMIPA. Harapannya bisa memberikan insight untuk membantu diri sendiri atau orang lain yang ingin membuat PKM.

“ Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.” Ujar Nurhikmah

Nurhikmah menjelaskan PKM Riset dan Pengembangan adalah sesuatu hal baru yang merupakan pengamatan mendalam berbasis iptek untuk mengungkap informasi baru. Inti PKM Riset adalah analisis yaitu latar belakang, metode yang efektif, dan hasil riset yang akurat.

Sejalan dengan hal tersebut, Riri menambahkan Tahapan dalam membuat PKM Karsa CIpta yaitu yang pertama tau dan taat aturan, kedua kreatif inovatif, dan ketiga objektif kooperatif. Alur Produk PKM KC gambarkan cara pengujian produk yang dihasilkan berisi design produk lengkap yang dihasilkan, gambarkan cara menyiapkan bahan berisi menginstalasi produk, gambarkan cara mengolah tandan ksong sawit berisikan keunggulan produk yang akan dihasilkan dibandingkan dengan produk sejenis yang sudah ada.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW