Close

" The Character Building University "

Berwirausaha Menggunakan Sumber Daya Alam Terbarukan

Jurusan Biologi FMIPA Unimed menggelar kegiatan Webinar Bioenterpreneurship Seri II dengan mengangkat tema “Kewirausahaan berbasis Sumber Daya Alam Terbarukan” pada (9/7). Webinar ini menghadirkan narasumber Dr Kun Budiasih, M.Si (Kewirausahaan Berbasis Bahan Alami Terbarukan) dan Darsimah Siahaan, S.Si (Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya Alam Hayati Terbarukan).

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan kita berharap banyak dari narasumber-narasumber yang merupakan alumni kita yang nantinya akan memberikan pencerahan-pencerahan kepada kita, bagaimana biologi itu dapat dijadikan sebagai lahan berwirausaha. Kita tentu memperhitungkan bagaimana biologi ini dapat berperan dalam segala aspek. Harapannya seluruh peserta webinar ini dapat berkiprah di bidangnya masing-masing dalam rangka MBKM, MBKM ini sangat di tuntut untuk mahasiswa kita untuk melakukan bioentrepreneurship.

Dr. Kun Budiasih, M.Si menjelaskan materinya tentang kewirausahaan berbasis bahan alami terbarukan, Energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi yang berasal dari alam yang mampu digunakan dengan bebas, mampu diperbarui terus-menerus serta tak terbatas. Sumber daya terbarukan diantaranya sumber daya alam yang dapat diperbaharui memiliki daya regenerasi (pemulihan) contoh energi matahari, angin, air, hutan, dan sumber keanekaragaman hayati. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui juga meliputi sumber daya alam biotik seperti tumbuhan dan hewan.

Darsimah Siahaan, S.Si dengan materi kewirausahaan berbasis sumber daya alam hayati terbarukan menjelaskan Sumber daya alam hayati adalah sumber daya yang berasal dari makhluk hidup. Yang termasuk sumber daya alam hayati yakni tumbuhan, hewan dan sumber daya alam hayati dimanfaatkan oleh manusia tidak hanya sebagai sumber pangan tetapi juga sebagai sumber daya hayati yang bermanfaat untuk membuat sandang atau pakaian. Adapun tanaman sebagai sumber daya alam hayati bagi manusia selain dapat digunakan sebagai sandang, pangan, dan bahan baku juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan apotek hidup salah satunya adalah bunga rosella, bunga rosella merupakan sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi atau gizi dan baik bagi kesehatan manusia.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW