Close

" The Character Building University "

Pembelajaran Melalui Laboratorium Universitas

FMIPA Unimed menggelar kegiatan Webinar Laboratorium seri-3 dengan Tema “Belajar Berbasis Laboratorium” kegiatan berlangsung pada (02/7). Webinar ini menghadirkan pemateri dari laboratorium FMIPA Unimed yaitu Rima Hartati, S.Si dari Laboratorium Biologi FMIPA Unimed (Preparat Apus Darah Sebagai Media Pembelajaran Biologi) dan Hermanto, S.Kom dari Laboratorium Matematika FMIPA Unimed (Media Pembelajaran Matematika Digital).

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan webinar laboratorium yang masi terus berlajut sampai seri ke tiga ini dan semua kegiatan ini menghadirkan narasumber-narasumber dari laboran yang berpengalaman. Para peserta seluruhnya gunakan dan manfaatkanlah kegiatan ini untuk mendapatkan ilmu yang lebih lagi dari apa yang telah kita peroleh selama ini. Kegiatan ini semata-mata adalah untuk menjelaskan bahwa Laboratorium FMIPA Unimed itu mempunyai potensial dan para laborannya juga berpotensi sehingga dapat berbagi ilmu yang mereka punya.

Rima Hartati, S.Si menjelaskan materi tentang preparat apus darah sebagai media pembelajaran biologi. Biologi merupakan pelajaran yang langsung berhubungan dengan lingkungan dan mahluk hidup, kegiatan pembelajaran biologi banyak membutuhkan sumber belajar sebagai penunjangnya. Sumber belajar tersebut bisa berupa preparat-preparat asli maupun preparat mikroskopis. Tujuan dari pembuatan preparat apus adalah untuk melihat struktur sel penyusun cairan darah juga untuk mengetahui berbagai parasit yang biasanya berhubungan dengan diagnosis suatu penyakit.

Hermanto, S.Kom menjelaskan media pembelajaran matematika digital construct, pengertian construct adalah pembuat game berbasis HTML5 yang di khususkan untuk flatform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Dalam dunia pendidikan khususnya matematika construct dapat dijadikan guru sebagai salah satu media pembelajaran matematika, dengan adanya media pembelajaran construct ini diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatikan siswa.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW