Close

" The Character Building University "

Webinar Laboratorium FMIPA UNIMED Bahas Peningkatan Keselamatan Kerja dengan Mengetahui Jenis Bahan Berbahaya

FMIPA Unimed menggelar kegiatan Webinar Laboratorium seri-2 kegiatan berlangsung pada (11/6). Webinar ini menghadirkan pemateri dari laboratorium FMIPA Unimed yaitu Ayu Maya Sari dari Laboratorium Fisika FMIPA Unimed (Manajemen Pengelolaan bahan praktikum) dan Muhammad Nizam S.Si dari Laboratorium Kimia FMIPA Unimed (Kesehatan dan Keselamatan kerja di Laboratorium)

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan untuk pekerjaan-pekerjaan laboratorium terkesan bahwa kita selama ini kurang memperhatikan secara detail bagaimana kesehatan dan keselamatan kerja selama ada di laboratorium dan bagaimana para laboran atau teknisi di laboratorium itu mengatur bahan-bahan yang kita ketahui dengan berbagai macam jenis yang mudah terbakar, mudah meledak, menyebabkan iritasi dan bahkan ada yang menyebabkan kasinogenik pada kulit kita. Ini semua nantinya akan dibahas oleh narasumber kita secara lebih detail dan semoga laboratorium Fmipa ini akan semakin dikenal oleh orang lain dan orang lain juga dapat mengenal teknisi di laboratorium kita punya kemampuan yang bisa di andalkan.

Ayu Maya Sari S.Kom dalam materinya menjelaskan pengertian bahan laboratorium yang disebut bahan adalah segala sesuatu yang diolah atau digunakan untuk pengujian, kalibrasi, dan produksi dalam skala terbesar sedangkan bahan khusus adalah bahan yang penangannya memerlukan perlakuan dan persyaratan khusus. Agar kegiatan yang dilakukan di dalam laboratorium dapat berjalan dengan lancar, dibutuhkan sistem pengelolaan operasional, tata letak serta desain dan pemahaman laboratorium yang baik serta managemen meliputi alat, bahan dan media. agar tercipta kondisi yang aman dan nyaman bagi pengguna serta pemakai laboratorium.

Muhammad Nizam S.Si menjelaskan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium harus memahami philosophy K3, mampu mengidentifikasi sumber potensi bahaya (hazard) pada umumnya yang berhubungan dengan proses kerja dan equipment di laboratorium, mampu menetapkan tindakan pengendalian, evaluasi keefektifan dari setiap situasi yang tidak diduga dan meyakinkan telah diselesaikan. Sasaran K3 laboratorium diantaranya melindungi para pekerja dan orang lain di laboratorium dari sumber bahaya yang ada. Menjamin setiap peralatan dipakai secara aman dan efisien serta menjamin proses pelayanan berjalan dengan lancar.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW