Close

" The Character Building University "

Rektor : Lulusan UNIMED Harus Tingkatkan Kepedulian dan Kemampuan IT

Universitas Negeri Medan melaksanakan wisuda daring program doktor, magister, sarjana dan diploma periode Juni 2021 melalui aplikasi zoom meeting dan siaran langsung via youtube, pada Rabu (9/06). Pada acara pengukuhan wisudawan tersebut turut hadir Rektor Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Dr. Restu, MS., Wakil Rektor II Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Direktur Pascasarjana, Dekan se-lingkungan Unimed, Ketua LPPM dan Ketua LPPMP. Sementara di link zoom juga turut hadir Guru Besar, Anggota Senat, Kepala Biro, Asdir PPs, Wakil Dekan, Kajur, Kaprodi, fungionaris se-lingkungan Unimed, dan ribuan lulusan beserta keluarga.

Pada Wisuda Daring periode ini, Universitas Negeri Medan akan mewisuda 843 wisudawan, yang berasal dari Pascasarjana sebanyak 102 lulusan, Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 71 lulusan, Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 174 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 77 lulusan, Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam sebanyak 206 lulusan, Fakultas Teknik sebanyak 96 lulusan, Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 49 lulusan, dan Fakultas Ekonomi sebanyak 68 lulusan.

Adapun lulusan terbaik wisuda periode Juni 2021 diundang dan diwisuda secara langsung oleh Rektor serta mendapat penghargaan di Gedung Pusat Administrasi Unimed, diantaranya Savitri Rahmadany dengan IPK 3,83 dari Prodi S2 Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Yessy Soraya dengan IPK 3,88 dari prodi S1 PGSD, M. Fadhil Hidayat dengan IPK 3,86 dari prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Apriandy Adha dengan IPK 3,86 dari S1 Pendidikan Sejarah, M. Akram Sya’rawi dengan IPK 3,81 dari S1 Pendidikan Biologi, Intan Thursina dengan IPK 3,76 dari prodi S1 Pendidikan Tata Boga, Eny Novita S dengan IPK 3,52 dari prodi D-III Teknik Sipil, Vijai Eduardo Nainggolan dengan IPK 3,66 dari prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Nurul Fadhilah Alawiyah Sagala dengan IPK 3,75 dari prodi S1 Akuntansi.

Dalam pidatonya, Rektor mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang dikukuhkan pada hari ini. “Kepada para wisudawan yang berbahagia, atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika Unimed, kami mengucapkan selamat atas kelulusan Saudara dan gelar akademik yang Saudara raih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Ucapan selamat disampaikan kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan para wisudawan kepada Unimed. Semoga apa yang Saudara raih setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di kampus yang kita banggakan ini, dapat menghantarkan Saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan membahagiakan.”

“Upacara wisuda bukanlah acara untuk menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir, justru sebaliknya merupakan sebuah titik pangkal perjuangan yang baru dalam mengimplementasikan kemampuan yang sudah dimiliki selama studi di Unimed. Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh menjadi modal yang dapat memberikan kesempatan yang lebih besar kepada Saudara untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup dan kita sarankan agar saudara bisa melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi untuk mengembangkan pengetahuan dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja,” pesan Rektor Unimed kepada lulusan dalam pidatonya.

“Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan kita sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di negeri kita. Dengan berbagai aktivitas akademik yang saudara lalui di Unimed, yang telah membentuk saudara menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang saudara geluti. Namun kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, agar saudara mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif. Masyarakat menaruh harapan yang cukup besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, maupun kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan. Unimed saat ini sudah menetapkan terobosan baru untuk pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja. Kami berharap lulusan Unimed kedepan terus dapat bersaing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” ungkap Rektor.

Sebagai akhir pidato, Rektor Unimed menyampaikan beberapa hal kepada para wisudawan, bahwa apapun gelar akademik yang Saudara sandang, tentu saja membawa suatu kebahagian, kebanggaan, dan tanggung jawab tersendiri bagi Saudara. Oleh karena itu saya berpesan jagalah nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan Saudara, tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill dan soft skill yang baik, tetap jalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan sesama alumni di manapun Saudara berada, berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatifsolutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat; bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed;

Dalam orasi ilmiahnya, Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “Dalam kondisi Covid-19 kita tetap bersyukur, tetap berserah diri kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, karena meski dalam suasana Covid pun para wisudawan bisa menyelesaikan studi dengan perjuangan yang luar biasa. Kita tidak bisa memprediksi masa depan, bukan saja pekerjaan yang tidak bisa kita prediksi tetapi situasi alam ini pun tidak bisa kita prediksi. Oleh sebab itu pesan dari Senat Universitas pesan moral sebagai bekal sebelum anda dilepas menjadi persembahan terbaik karya Universitas Negeri Medan menjadi milik bangsa Indonesia dan milik dunia. Wisudawan UNIMED adalah milik Negeri ini, Hanya ada 4 kemungkinan kalian bekerja yaitu pertama, bekerja pada perorangan, kedua bekerja pada perusahaan, ketiga bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara, dan keempat bekerja sendiri sekaligus orang yang membuka pekerjaan (Pengusaha). Fungsi dari lulusan Perguruan Tinggi adalah Inovator bahkan lebih tinggi dari innovator (Future Practice). Modal untuk menjadi istimewa yaitu pertama integrity (Integritas), kedua Growth Mindset, Agent Learner dan Future Practice. Pekerjaan adalah bagian dari amal, semoga wisudawan adalah orang terbaik menjadi karya terbaik Unimed dan bisa menjaga nama baik Unimed.” (Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW