Close

" The Character Building University "

UNIMED Gelar Rapat Koordinasi Persiapkan Pelaksanaan Program PPG DalJab Angkatan II Tahun 2021

Universitas Negeri Medan selaku salah satu universitas yang ditunjuk untuk menjalankan Progam PPG melakukan Rapat Persiapan Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2021 untuk memberikan arahan-arahan yang harus dilakukan oleh para dosen dan admin PPG agar nantinya program PPG dapat berjalan dengan sukses. Rapat  Koordinasi ini dilaksanakan di Hotel Emerald Garden dan akan berlangsung selama 3 hari dimulai dari 21 – 23 Mei 2021.

Pada kesempatan pembukaan rapat Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes menyampaikan beberapa hal untuk Program Pendidikan Profesi Guru, yaitu untuk selalu menjaga Standarisasi Penyelenggaraan PPG. Ia juga menambahkan untuk menghindari terjadinya perbedaan persepsi antara Dosen dan Guru Pamong yang dapat merugikan mahasiswa.

“Dalam persamaan persepsi nanti diupayakan untuk membahas sampai kemodul. Karena modul ini benda mati, dapat dihidupkan dengan instruksi yang jelas dan pekerjaan yang jelas dan punya persepsi yang sama. Jangan sampai modul ini dihidupkan oleh dosen, dihidupkan oleh guru pamong instruksinya sudah jelas tetapi ketika di lapangan berbeda persepsi, jadi tolong hati-hati karena masalahnya dapat merugikan mahasiswa”. Ungkap Dr. Syamsul.

Pada akhir arahannya Rektor UNIMED juga menghimbau kepada jajaran Dekan untuk mengawasi kegiatan PPG ini di fakultas masing-masing sehingga pelaksanaan PPG dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si melaporkan bahwa pelaksanaan PPG Daljab Angkatan II Tahun 2021 akan mulai dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2021 untuk 6 program studi dan 449 peserta, dengan rincian yaitu (1) Guru Kelas SD (236 peserta); (2) Guru Kelas PUAD/TK (69 peserta); Matematika (56 peserta); (4) Bahasa Inggris (28 peserta); (5) Teknik Otomotif (30 peserta); (6) Teknologi konstruksi dan Properti (30 peserta); Koordinator PPG Unimed. Rangkaian pelaksanaan PPG Daljab ini meliputi beberapa tahapan antara lain: Orientasi Akademik, Pendalaman Materi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Uji Komprehensif, PPL, dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKM PPG) yang meliputi Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (Ukin). Nantinya keseluruhan tahapan PPG ini akan dilaksanakan di dalam jaringan.

Kegiatan Persiapan Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2021 untuk Angkatan II Unimed ini berlangsung selama 2 hari. Pada hari kedua akan dilakukan sesi paralel. Peserta Kegiatan Rapat Persiapan Pelaksanaan PPG Daljab Angkatan II ini sebanyak 80 peserta, yang terdiri dari unsur pimpinan di tingkat Universitas. Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua Prodi, Guru Pamong, Admin Kelas, dan Pengelola PPG Unimed.

Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan dalam rapat ini ada dua pertanyaan yang harus dijawab untuk menghasilkan guru yang profesional yaitu pertama “ bagaimana caranya memastikan bahwa lulusan PPG ini adalah guru-guru yang profesional, kedua apa instrumen yang akan digunakan sehingga dapat menyimpulkan bahwa lulusan PPG 2021 ini profesional “. Ia menegaskan hanya ada dua cara untuk memastikan dari dua pertanyaan tersebut yaitu ujilah pengetahuan gurunya tentang materi ajarnya, tentang cara membelajarkan siswa, tentang teknologi yang bisa digunakannya, tentang media yang bisa digunakannya, dan uji pengetahuan (UP) CBT nya (computer based test)”. Ungkap Prof. Syawal Gultom yang juga menjabat sebagai Ketua Senat Unimed.(Humas UNIMED/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW