Close

" The Character Building University "

Peluang dan Tantangan Penelitian Selama Masa Pandemi Covid-19

Program Studi Gizi Universitas Negeri Medan mengadakan webinar dengan mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Penelitian Berbasis Data Sekunder Selama Masa Pandemi Covid-19” pada Rabu 14/04/2021. Dengan menghadirkan narasumber Andi Eka Yuniarto, S.Pd., M.Si (Dosen Tetap Prodi Gizi universitas Siliwangi) dan Adi Lukas Kurniawan, S.Gz., M.Sc., Ph.D (Research Associate of National Taipei University of Nursing and Health Sciences Taiwan).

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk memenuhi projek mahasiswa prodi gizi dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang penelitian berbasis data sekunder dan merupakan tugas dari mata kuliah analisis data pangan dan gizi serta mata kuliah seminar proposal. Jumlah peserta dalam webinar ini kurang lebih 750 peserta. Hal ini disampaikan oleh Dr. Esi Emilia, M.Si selaku Ketua Program Studi Gizi Universitas Negeri medan.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd membuka secara resmi webinar tersebut. Dalam sambutannya ia mengucapkan terimakasih atas partisipasi para peserta seminar terutama kepada para dosen jurusan gizi dan para mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan webinar ini dan berbagi ilmu tentang penelitian berbasis data sekunder selama masa pandemi Covid-19 ini.

Lanjut Prof. Harun, Apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia telah merancang Webinar ini dengan baik, dan juga berterimakasih kepada seluruh narasumber yang telah memberikan paparan materinya. Semoga bermanfaat bagi semua terutama seluruh peserta yang sudah bergabung Semoga Materi webinar yang disampaikan para narasumber dapat bermanfaat dan menambah wawasan para peserta.

Andi Eka Yunianto, S.Pd., M.Si dalam paparannya tentang peluang dan tantangan penelitian di masa pandemi mengatakan metode riset dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data tujuannya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Didalam penelitian dan pengumpulan data secara offline dapat ditemukan problem lapangan diantaranya media penelitian, media komunikasi, waktu, tabulasi data, lokasi keberadaan responden dan kuota responden.

Adi Lukas Kurniawan, S.Gz., M.Sc., Ph.D memaparkan penelitian tentang epidemiologi, epidemiologi bertujuan untuk meneliti faktor resiko dari suatu penyakit. Penelitian epidemiologi juga biasanya mendeskripsikan status kesehatan populasi manusia dan memprediksi jumlah kejadian terhadap trend penyakit serta mengkontrol distribusi dari suatu penyakit pada populasi sehingga tujuan akhirnya epidemiologi adalah untuk meningkatkan status kesehatan dan harapannya bisa menolong life of human.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW