Close

" The Character Building University "

Tips Sukses Meraih Beasiswa ke Universitas Top Dunia

Kantor Urusan Internasional Universitas Negeri Medan menggelar kegiatan “Scholarships Sharing Session” dengan tema “Kiat Meraih Beasiswa di Luar Negeri” secara daring Sabtu (10/04/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk memberi tahu strategi maupun cara kepada mahasiswa UNIMED yang mempunyai niat menyambung studi ke luar negeri setelah lulus nanti agar berhasil memperoleh beasiswa dan juga agar berhasil masuk ke perguruan tinggi luar negeri yang bagus/masuk di ranking dunia.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED Indra Andriyani Nasution, S.Pd. yang juga merupakan Penerima Beasiswa LPDP di Colombia University Amerika Serikat.

Irma dalam paparannya mengatakan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri agar rajin memeriksa beasiswa serta mencari tahu dulu kampus yang ingin dituju dan mempelajari dokumen-dokumen yang diperlukan.

“ketika kita diminta dalam menulis essay dalam beasiswa kita harus menulis secara jelas apa yang akan kita lakukan saat menerima dan sesudah menyelesaikan Pendidikan tetapi selain itu kita juga harus terlebih daulu memahami visi dan misi funders yang memberi beasiswa setelah itu masukkan visi dan misi funders sebagai bagian dari essay kalian, untuk surat rekemondasi mintalah dari orang yang sangat mengenal diri dan kualitas kita karena yang mau dilihat dari surat rekomendasi tersebut adalah orang yang dapat menjelaskan kualitas dari diri kalian bukan dari status orang yang memberikan rekomendasi, pungkas Irma.

Lanjutnya Irma menjelaskan ketika mengisi tujuan memilih universitas yang dituju yang harus diisikan dalam statement of purpose maka jelaskan sebaik mungin mengapa mengambil universitas tersebut. “Jika ditanya kenapa memilih univeritas jangan karena rankingnya tetapi jawablah karena di universitas ini ada jurusan yang saya minati atau diinginkan, untuk itu kalian harus kenali dahulu kampus yang dituju yakni prodi yang dituju, mata kuliah serta kurikulumnya dan selalu email program director untuk menanyakan lebih jelas program seperti apa yang ditawarkan di universitas tersebut,” ujarnya.

Di akhir paparannya Irma menyampaikan bahwa butuh proses yang Panjang untuk sampai diterima di universitas Colombia karena itu bagi para calon penerima beasiswa harus mempunyai strategi dalam memperoleh beasiswa harus di list beasiswa yang ada dan universitas yang dituju, jangan takut untuk gagal karena darisitulah pembelajaran itu ada. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW