Close

" The Character Building University "

Rektor UNIMED : RAT KPRI Ciri dan Sendi Utama dalam Menggerakkan Koperasi

Koperasi Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan rapat tahunan ke- 47 Acara ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Link Zoom (8/4/2021). Kegiatan rapat tahunan ini dilaksanakan setiap tahunnya selain memaparkan laporan pendapatan keuangan yang dikelola koperasi, juga menerima masukan dan saran dari seluruh anggota koperasi Unimed untuk perbaikan dan perubahan demi kebaikan dan kemajuan kearah yang lebih baik, tentu untuk kesejahteraan para anggota.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Selaku Pembina Koperasi, Wakil Rektor I Dr. Restu., MS. Selaku Pembina III Koperasi, Wakil Rektor II Dr. Martina Restuati, M.Si. selaku Pembina II Koperasi, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D. Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga di lingkungan Unimed, Ketua Dekopinda Kota Medan yang di wakili oleh Ibu Ramena Tambunan, S.Pd, Ketua PKPRI Kota Medan, Bpk Drs. H. Muhammad Yunus Lubis dan seluruh pegurus, pengawas dan anggota koperasi Unimed yang diketuai oleh OK. Sofian Hidayat. SE, M.Si. Ak.

Dalam sambutannya Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. selaku pembina Koperasi Unimed mengatakan bahwa RAT bagi koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi yang juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi. Rapat Anggota Tahunan mengisyaratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah anggota.

Lanjut Dr. Syamsul Gultom Perlu saya sampaikan bahwa saat ini KPRI Unimed tengah mengalami penurunan kinerja keuangan jika di lihat dari SHU tahun ini. Hal ini disebabkan karena banyaknya anggota Koperasi Unimed yang berpindah menggunakan jasa lembaga keuangan lain sehingga menurunkan kinerja keuangan. Tentu ini menjadi catatan kita bersama kenapa hal ini bisa terjadi. Pengurus perlu melakukan evaluasi terhadap fenomena ini dan mendiskusikannya dengan pengawas, komisaris, pembina dan penasehat.

Rapat Anggota Tahunan mempunyai tujuan yang cukup strategis dalam pengembangan KPRI Unimed ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam rapat anggota tahunan ini akan membahas laporan pertanggung jawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi. Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW