Close

" The Character Building University "

Mahasiswi FMIPA UNIMED Raih juara Terbaik I Putri Tafsir Bahasa Arab pada MTQ ke 54 Kota Medan

Mahasiswi FMIPA Unimed Raih juara Terbaik I Putri Tafsir Bahasa Arab pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 54 Kota Medan digelar secara virtual dari 16 – 23 Maret 2021 di Asrama Haji Medan dan Sekolah Al-Azhar. Muhadhira Utami merupakan mahasiswa prodi IPA Bilingual berhasil menjadi yang terbaik se-Kota Medan. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 558 peserta yang berasal dari utusan masing-masing kecamatan se-Kota Medan dan Madrasah Aliyah Negeri maupun Swasta.

Ketua Panitia MTQN ke-54 Kota Medan, Khairul Syahnan, melaporkan “Adapun jumlah peserta yang mengikuti MTQ tahun ini sebanyak 558 orang yang berasal dari utusan masing-masing Kecamatan se-kota Medan. Cabang-cabang yang diperlombakan dalam MTQ tahun ini diantaranya ialah Cabang Seni Baca Al-Quran, Cabang Hafalan Al-Quran dan Tafsir Al-Quran, Cabang FAHM Al-Quran, Cabang Syarh Al-Quran, Cabang Seni Kaligrafi Al-Quran, Cabang Qiraat dan Tartilul Al-Quran, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Quran dan Cabang Musabaqah Hadist Nabi,” jelas Khairul Syahnan.

Menyikapi kondisi pandemi, lanjut Syahnan, pelaksanaan MTQ tahun ini dilakukan di dalam gedung dan tanpa penonton. Kendati demikian, masyarakat tetap dapat menyaksikan MTQ ini melalui channel youtube “MTQ Ke-54 Kota Medan Tahun 2021”. Yang ditonton sebanyak 22.728 kali. “Tidak hanya warga Medan namun juga Negara tetangga,” kata Syahnan.

Walikota Medan Bobby mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil menjadi juara. Para juara ini diharapkan tidak cepat berpuas diri dan terus giat mempelajari Alquran. Sedangkan kepada peserta yang belum berhasil, Wali Kota berpesan agar tidak putus harapan dan terus berlatih. Wali Kota mengharapkan, ajang MTQ ini dapat lebih mendorong umat muslim untuk mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Makna tersurat maupun tersirat dari kegiatan ini harus dapat diambil dengan baik. “MTQN ke-54 telah selesai, namun bukan berarti kita selesai membaca, memahami, dan mengimplementasikan nilai-nilai Alquran, namun sebaliknya harus lebih ditingkatkan lagi, diharapkan agar LPTQ Medan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak dengan tujuan melahirkan qori, qoriah, maupun hafizd, hafizdah baru. “Setiap masjid di Medan harus bisa melahirkan qori dan qoriah,” harap Wali Kota.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengucapkan selamat kepada Muhadhira Utami yang berhasil meraih juara I Tafsir Bahasa Arab pada MTQ Kota Medan. Prestasi ini tentunya sangat membanggakan kita semua, serta mengharumkan nama Unimed. Kita akan terus dorong prestasi mahasiswa dan memotivasi agar terus berperan aktif dalam setiap kompetisi. Semoga prestasi ini menstimulasi mahasiswa lainnya untuk menorehkan prestasi baik ditingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW