Close

" The Character Building University "

Kuliah Umum Biologi Meninjau Lebih Dalam Covid-19

Jurusan Biologi FMIPA Unimed mengadakan Kuliah Umum “Covid-19 : Tinjauan anatomi dan fisiologi manusia” secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, pada Kamis (28/1). Kuliah Umum tersebut menghadirkan narasumber Dr. dr. Delyuzar, M.Ked (PA), Sp.PA(K) dari Ketua Prodi Patologi Anatomi FK USU dan Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si. dari guru besar Biologi dan Wakil Rektor II Unimed.

Kuliah Umum tersebut dibuka oleh Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. Turut mengikuti Wakil Dekan, Kajur dan Sekjur Biologi dan ratusan mahasiswa Biologi Unimed

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. mengatakan kondisi pandemi saat ini membuat kita belajar lebih banyak mendalami mengenai covid-19. Kuliah umum biologi pada hari ini membahas mengenai covid 19 dari sisi anatomi dan fisiologi. Banyak informasi yang mungkin dapat kita serap sehingga dapat memahami jelas mengenai virus ini. Tidak terlepas dengan ini semua kita bertemu secara daring karena dampak dari pandemi, kondisi ini membuat kita sebagai akademisi berperan aktif dalam pencegahan penyebaran virus semakin meluas. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita bisa kembali normal seperti biasanya.

Dalam paparannya Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si. menjelaskan bagaimana anatomi fisiologi manusia bekerja dan menjalankan aktifitas untuk mempertahankan kehidupan. Sistem imun yang ada didalam tubuh kita secara cepat merespon penyakit yang ditimbulkan oleh virus. Tubuh merupakan suatu sistem yang terorganisir dan memiliki sistem pengaturan yang selalu saling berkoordinasi untuk mempertahankan kondisi tubuh agar selalu dalam keadaan stabil secara fisiologi. Adapun anatomi dan fisologi didalam diri manusia meliputi sistem syaraf, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan, sistem eskresi, sistem endokrin, sistem reproduksi, sistem rangka, sistem otot, sitem integumen dan sistem limfatik. Jika terjadi gangguan secara fisiologi maka tubuh akan selalu merespon dan berusaha dapat mengembalikan ke keadaan normal memalui suatu mekanisme umpan balik negatif dan positif. Untuk itu di masa pandemi saat ini, kita perlu meningkatkan imun kita dan tetap menjaga diri mematuhi prokes yang ada.

Dr. dr. Delyuzar, M.Ked (PA), Sp.PA(K) berharap dengan adanya vaksin ini, kita diharapkan jangan mengabaikan anjuran protokol kesehatan. Jangan mudah termakan berita hoax, tanpa ada hasil penelusuran dan riset yang mendalam. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW